Kenapa Gordon Ramsay Memilih Wiliam Wongso jadi Mentor Memasak Rendang?

Kenapa Gordon Ramsay Memilih Wiliam Wongso jadi Mentor Memasak Rendang

Covesia.com - Usai tayangnya program Uncharted dengan tema Season 2 episode 'Sumatra's Stunning Highlands' pada 29 Juni 2020  di saluran National Geographic , selain apresiasi dan pujian muncul sejumlah pertanyaan di kalangan warganet.

Sebagai penduduk negara 62 yang senantiasa eksis menggunakan media sosial ada sejumlah warganet yang mempertanyakan kenapa Gordon si pemilik 12 bintang michelin, predikat tertinggi yang dinobatkan bagi restoran terbaik di dunia memilih mastercheef legendaris Tanah Air Wiliam Wongso yang kini telah berusia 73 tahun.

"Saya tidak tahu bahwa master rendang adalah William Wongso. Di mana koki Sumatera Barat asli yang benar-benar membuat rendang? Dari mana asal rendang? Di mana mereka? Tidak ada lagi koki dari Minang? Apa yang terjadi?" tulis pemilik akun twitter @MPribumi.

Beberapa warganet  juga menyayangkan perkenalan rendang asal Sumatera Barat itu dilakukan oleh orang yang bukan asli Minang. Mereka mempertanyakan tidak dilibatkannya  ahli lokal yang dinilai lebih paham mengenai rendang.

Awalnya saya berpikir kenapa dipilih Cheef Wiliam Wongso karena dua faktor yaitu senioritas dan pengalaman serta bahasa.

Soal pengalaman dalam dunia masak memasak Cheef Wiliam Wongso sudah berada pada level legenda dan masterpiece, beda dengan kita yang masak air saja kadang masih over cook. Kemudian kemampuan berbahasa Inggris juga oke dan paham beragam istilah-istilah kuliner internasional.

Kalaulah misalnya yang dipilih adalah pakar rendang lokal tentu pertama harus sudah senior (tua diperhalus), memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, menguasai konsep memasak dan satu lagi karena ini adalah tayangan TV tentu harus memiliki karakter menghibur atau entertain.

Lalu lenggang mengorak menarik hati serentak, hey-hey siapa dia… Wajah sembunyi di balik payung fantasi

hey-hey siapa dia ? 

Namun akhirnya rasa penasaran saya terjawab sudah setelah menyaksikan chanel Helmy Yahya Bicara berjudul Pantas Saja Gordon Ramsay Memilih Wiliam Wongso.

Mantan Dirut TVRI itu berhasil menjawab rasa ingin tahu publik  soal bagaimana seleksi  ketat dan luar biasa yang dilakukan Gordon untuk memilih rekan  saat syuting di Indonesia.

Ternyata pada September 2019 pihak National Geographic menghubungi Wiliam dan menyampaikan Gordon akan syuting di Tasmania dan setelah itu melanjutkan perjalanan ke India dan karena terbang melewati Indonesia akan  singgah terlebih dahulu.

Sontak negara ASEAN ribut karena mereka rebutan menginginkan Gordon syuting di negara masing-masing namun pihak National Geographic sudah memutuskan Indonesia.

Namun muncul pertanyaan. Indonesia ada 17 ribu pulau, Gordon mau syuting di mana ? Wiliam pun memberi opsi yaitu western sumatra alias Ranah Minang.

Ia pun memberi data soal budaya makan bajamba, aktivitas tradisional pacu jawi dan dua minggu National Geographic menyetujui.

Setelah kru melakukan riset dan mengecek lokasi akhirnya diputuskan syuting pada Januari 2020.

Wiliam pun segera menghubungi Gubernur Sumbar Irwan Prayitno selaku kawan lamanya dan meminta tayangan awal film ini yaitu syuting makan bajamba harus dibuat semegah mungkin yang langsung diamini.

Bayangkan untuk membawa  peralatan saja dari Tasmania tim National Geographic membawa barang seberat 800 kilogram dan membayar 24 ribu dolar Amerika Serikat atau Rp360 juta hanya untuk ongkos kelebihan angkut bagasi.

Dan ternyata tim National Geographic kalau syuting bukan kaleng kaleng setara dengan kualitas program dan gambar.

Saat syuting Wiliam kaget karena berbeda dengan pengalaman selama ini ia malah mengaku tak melihat ada kamera, kabel, genset, lighting ,  tidak ada cut semua roll on atau semua berjalan alami.

Bahkan untuk pengamanan Gordon langsung ditangani Wall Disney sebagai pemilik National Geographic. Selama syuting  Gordon dikawal ketat oleh pengamanan yang berlatar special forces AS, dokter hingga ambulans.

Terungkap sudah alasan kenapa Wiliam merekomendasikan Sumatera Barat. Pertama saat ini penduduk Indonesia ada 250 juta orang dan ini adalah market yang disasar National Geographic pada tayangannya. Belum lagi yang sedang merantau di Luar Negeri.

Siapa sih orang Indonesia yang tidak kenal masakan Padang ? Dunia saja menobatkan rendang sebagai makanan terenak di dunia ala CNN.

Kedua Sumatera Barat adalah representasi sempurna untuk program itu, Punya semua  mulai dari aktraksi budaya, bentangan alam, kuliner dan lainnya.

Dalam uncharted tersebut ada scene di laut saat menangkap ikan, pacu jawi di area persawahan , menangkap udang di sungai yang masih ada gua dengan stalatktit yang indah.

Uncharted setidaknya jadi jendela dunia untuk melihat seperti apa Sumatera Barat yang indah dengan budaya yang kaya.

Dan Wililam Wongso yang meski pun bukan orang Minang saja bangga dan mau merekomendasikan Sumatera Barat ke dunia luar masak kita tidak.

(Ikhwan Wahyudi , Jurnalis LKBN Antara yang bertugas di Sumatra Barat)

(*)

Ikhwan Wahyudi

Ikhwan Wahyudi ( Jurnalis )

Berita Terkait

Baca Juga