Warga Tionghoa di Padang Persiapkan Sambut Imlek di Klenteng See Hin Kiong

Warga Tionghoa di Padang Persiapkan Sambut Imlek di Klenteng See Hin Kiong Pantauan covesia.com persiapan Imlek di Klenteng See Hin Kiong, Kamis (16/1/2020)(Foto: Covesia/ Laila)

Covesia.com - Indonesia memiliki masyarakat dan budaya yang beragam. Salah satunya, terdapat keturunan Tionghoa yang memiliki tempat tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Tak ayal, di tiap tahunnya mereka berkesempatan merayakan tahun barunya.

Di Padang misalnya, berbagai persiapan telah dilakukan oleh Komunitas masyarakat Tionghoa seperti menggelar Pasar Malam Sincia 2571 dalam rangka pada 8-12 Januari kemarin.

"Setiap tahun selalu ada perayaan Imlek, khususnya di klenteng See Hin Kiong ini," ungkap Lie Fuk Thong, Seksi Budaya Humas Klenteng See Hin Kiong Padang, Kamis (16/1/2020).

Lie mengatakan tak ada perbedaan mendasar dari perayaan-perayaan Imlek sebelumnya. Hanya saja variasi tenglong dan lampion.

"Kami telah melakukan persiapan satu bulan sebelum puncak imlek, yakninya dimulai tanggal (9/1/2020) sampai tanggal  (8/2/2020) nanti, khususnya pemasangan lampion," jelasnya.

Sebelumnya juga digelar pasar malam dan sembako murah. selanjutnya lampion akan menyala setiap malam dari tanggal 9 Januari sampai 8 Februari.

Tak hanya itu Lie juga mengatakan pada tanggal 30 Januari akan ada bazar sampai tanggal 8 Februari serta akan ada arakan qiu dari marga Liem.

Hal yang tak asing lagi dari Imlek adalah penampilan dari Barongsai. "Biasanya nanti akan ada juga penampilan barongsai di sini," ujar Lie.

Lie mengatakan dalam astrologi China, semua tahun dipresentasikan dengan hewan. Nah tahun ini sendiri adalah tahun Tikus Logam yang diprediksi akan menjadi tahun yang menguntungkan.

(ila/don)

Berita Terkait

Baca Juga