Saham PGAS Anjlok 25 Persen Hanya 2 Hari. Peluangkah?

Saham PGAS Anjlok 25 Persen Hanya 2 Hari Peluangkah PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS) - (Foto: Dok PGN)

Covesia.com - Sempat menyentuh level harga tertinggi September 2019 di harga 2.440, Perusahaan Plat Merah (BUMN) PT. Perusahaan Gas Negara anjlok ke level 1.850 pada perdagangan 1 November 2019 dan sempat menyentuh level 1.820 atau turun 25%.

Salah satu sentimen negatif yang membawa PGAS anjlok adalah pembatalan kenaikan Gas Industri oleh Kementrian ESDM yang rencananya naik per 1 November 2019. Akibatnya, investor asing tercatat net sell (jual) saham PGAS sebesar 125,58 M dan membukukan PGAS sebagai top value dengan nilai transaksi mencapai 648 M. Amazing!.

Ini setidaknya kali ke 2 Pemerintah membuat "statement error" setelah sebelumnya Mendag merencanakan pelarangan penjualan minyak curah yang akhirnya batal dilaksanakan dan pembatalan rencana kenaikan harga Gas untuk industri. Jika pembatalan pelarangan minyak curah tidak begitu berpengaruh terhadap pasar modal, beda dengan pembatalan kenaikan harga Gas. Pelaku pasar merespon dengan aksi jual yang luar biasa.

Lantas, bagaimana prospek saham PGAS kedepan yg masuk jajaran saham Blue Chip yang juga sebagai perusahaan Plat Merah dengan harga dan kondisi saat ini? Bagi yang sudah melek saham, PGAS tetap menjadi prospek investasi yang menjanjikan. Setidaknya, dari analisis fundamental, perusahaan yg memiliki aset ratusan trilyun dgn laba per triwulan diatas 1 trilyun, menjadi layak untuk di koleksi. PBV (price book value) atau harga wajar PGAS saat ini sekitar 1.900an dan jika saat ini sudah punya PGAS di harga 1.850, maka apabila PGAS balik ke harga 2.440, berarti akan menghasilkan profit sekitar 32%.

So, terlepas dari "plin plan" penerapan kebijakan yangg berdampak anjloknya saham PGAS, seorang investor tetap akan mencari celah "oportunity" untukk mencari take profit yg besar, dan PGAS adalah peluang yang sangat mungkin.

Firdaus Yr

Firdaus Yr ( )

Pelaku Ekonomi/ Trader

Berita Terkait

Baca Juga