Prosesi Naik Pangkat Selesai, 'Tabuik' Siap untuk Dihoyak

Prosesi Naik Pangkat Selesai Tabuik Siap untuk Dihoyak Tabuik subarang sedang naik pangkat, Minggu (15/9/2019)(Foto: Covesia/ Peri)

Covesia.com - Puncak acara Pesona Hoyak Tabuik 2019 berlangsung hari ini Minggu (15/9/2019). Saat ini Tabuik sudah selesai menjalani prosesi akhir dengan nama Tabuik Naiak Pangkek (Tabuik Naik Pangkat). 

Prosesi Tabuik Naik Pangkat ini dimulai sejak pukul 05.30 WIB hingga sekitar pukul 09.00 WIB, di kedua rumah Tabuik tersebut. Baik itu Tabuik Subarang maupun Tabuik Pasa.

Untuk lokasi Naik Pangkat, Tabuik Pasa di dekat jembatan menuju Pasar Pariaman. Sedangkan Tabuik Subarang lokasinya di Simpang Tugu Tabuik.

Tuo Tabuik Subarang, Nasrun Jon menyebutkan, Tabuik Naik Pangkat tersebut merupakan prosesi menggabungkan antara bagian atas dan bagian bawah Tabuik. "Tabuik Naiak Pangkek itu maksudnya menggabungkan antara bagian atas Tabuik dan bawahnya," ujar Nasrun Jon.

Makna dari Tabuik Naik Pangkat itu artinya melambangkan persatuan. Meski terdiri dari bermacam suku, bahasa, agama, keturunan tetapi tetap satu kesatuan. 

Selesai Naiak Pangkek. Nanti sore harinya Tabuik akan dihoyak diiringi musik tambua tansa, diarak dan dibuang ke laut di Pantai Gandoriah.

Pantauan covesia.com di lokasi, terlihat ada ribuan orang yang ikut menyaksikan langsung prosesi Tabuik Naik Pangkat ini. Untuk cuaca terlihat cerah dilangit Kota Pariaman.

Sebelumnya, perayaan Tabuik di Pariaman ini sudah berlangsung ratusan tahun lalu, dan dilakukan disetiap tahunnya, tepat pada 1-10 Muharam, dalam penanggalan Islam. Untuk memperingati sejarah meninggalnya Husein cucu nabi Muhammad SAW.

Kontributor Pariaman: Peri Musliadi

Berita Terkait

Baca Juga