Persiapan Pembuatan 'Tabuik' Pariaman Hampir Rampung

Persiapan Pembuatan Tabuik Pariaman Hampir Rampung Finishing pembuatan badan 'Tabuik', Sabtu malam (14/9/2019)(Foto: Covesia/ Peri)

Covesia.com - Hitungan jam lagi hari puncak pelaksanaan perayaan tabuik akan digelar, yaitu pada Minggu (15/9/2019). Untuk saat ini kondisi pembuatan masing - masing tabuik sudah memasuki tahap penyelesaian.

"Kalau untuk tabuik subarang, sudah hampir rampunglah. Kalau tabuik inikan pembuatannya tidak pernah siap - siap. Nanti kalau sudah dikatakan selesai, setelah itu dilihat kembali pasti ada saja yang terlihat kurangnya," ucap Ade Ratman (37) seorang pembuat tabuik subarang, pada Sabtu (14/9/2019).

Lanjut Ade, yang jelas untuk pekerjaan bagian berat - berat dan sulitnya tabuik sudah selesai. Sekarang hanya tinggal pengerjaan untuk memperindah saja.

"Pekerjaan yang berat dan sulit dalam pembuatan tabuik sudah selesai. Sekarang tinggal yang ringan saja," ujar Ade.

Ade menyebutkan, dalam pembuatan tabuik subarang, pihaknya mengerjakan dengan delapan orang rekannya.

Sementara itu, untuk tabuik pasa, sama halnya juga dengan tabuik subarang, juga sudah memasuki tahap penyelesaian.

Seperti halnya dikatakan Samsurizal, seorang pekerja pembuat tabuik pasa. "Saat ini kondisi siapnya sudah bisa dikatakan 98 persenlah," kata Samsurizal.

Kalau dalam pengerjaannya, tabuik pasa hanya menggunakan enam orang pekerja. Beda dengan tabuik subarang yang pekerjanya delapan orang.

Kontributor Pariaman: Peri Musliadi

Berita Terkait

Baca Juga