Gubernur Sumbar Ajak Masyarakat Lestarikan Silek 

Gubernur Sumbar Ajak Masyarakat Lestarikan Silek  Pembukaan Silek Art Festifal oleh Gubernur Sumbar, Senin malam (19/8/2019)(Foto: Covesia/ Laila)

Covesia.com - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengajak masyarakat untuk melestarikan Silek. Hal tersebut ia sampaikan saat pembukaan Silek Arts Festifal  2019 yang berlangsung di Taman Budaya, Padang, Sumbar, Senin (19/8/2019).

“Melalui Silek Arts Festifal 2019 ini mari kita menjaga dan melestarikan serta mendokumentasikan silek,” ungkapnya, Senin malam.

Lebih lanjut Irwan mengatakan bahwa silek tidak hanya berguna untuk membela diri tapi juga memperlihatkan jati diri. “Semoga ke depannya pemuda dan pemudi penerus bangsa terus berlatih silek, tak hanya untuk kebutuhan pribadi tapi juga sebagai bentuk melestarikan budaya,” harapnya.

Direktur Silek Arts Festifal 2019, Ediwar mengatakan bahwa acara akan berlangsung sampai 31 Agustus mendatang. “Untuk lokasinya ada 5 tempat, Kota Padang, Kota Solok, Kota Payakumbuh, Kabupaten Sijunjung dan berakhir di kabupaten Agam,” ungkapnya.

Ediwar juga menyampaikan bahwa kegiatan Silek Arts Festifal ini mencakup 11 program. “Diantaranya, penerbitan ensiklopedi silek Minang, semi lokal transformasi silek, komik silek, pameran seni visual, gelanggang seni pertunjukan, pemutaran film silek dan sebagainya,” ungkapnya.

Pada malam pembukaan Silek Arts Festifal ini ditampilkan silek galombang, penampilan simarantang dan silek pauh, penyerahan ensiklopedia Silek, serta atraksi pembukaan Silek Arts Festifal.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga