Meriahkan HUT ke 74 RI, Nagari Kamang Mudiak Agam Ceritakan Perjuangan dengan Pentas Seni

Meriahkan HUT ke 74 RI Nagari Kamang Mudiak Agam Ceritakan Perjuangan dengan Pentas Seni Meriahkan HUT ke 74 RI, Nagari Kamang Mudiak Agam Ceritakan Perjuangan dengan Pentas Seni, Sabtu (17/8/2019)(Foto: Johan)

Covesia.com - 13 Sanggar Seni di Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tunjukkan kebolehan.

Sekretaris Nagari Kamang Mudiak Rahman mengatakan, penampilan seluruh grup kesenian di nagari tersebut dalam rangka memeriahkan HUT ke 74 RI dengan menampilkan kesenian yang dikembangkan.

"Salah satu program di Nagari Kamang Mudiak adalah mengembangkan kesenian tradisional, dan di HUT ke 74 RI seluruh sanggar seni binaan di undang untuk menampilkan  bakat mereka ada Randai, Tambua Tansa, Tari Piriang dan Lainnya," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Sabtu (17/8/2019) Malam.

Selain memberikan hiburan kepada masyarakat, pentas seni ini bertujuan untuk mengajak generasi muda agar lebih mencintai kesenian tradisional Minangkabau serta meningkatkan persatuan antar warga di Nagari Kamang Mudiak.

"Dari pada melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat dalam merayakan HUT RI, kita dari Pemerintah Nagari menyuguhkan kesenian untuk disaksikan, dan alhamdulillah antusias masyarakat bisa terlihat dari banyaknya penonton yang hadir," lanjutnya.

Selain itu lanjut Rahman, salah satu kesenian randai juga mengangkatkan kisah seorang tokoh perjuangan sekaligus ulama asal Kamang yaitunya KH Abdul Manan, dan tuanku Nan Renceh, dalam alurnya diceritakan bagaimana ulama sekaligus panglima perang asal Agam ini menyebarkan syariat islam  sekaligus mengajak masyarakat untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Generasi muda juga kita ajarkan sejarah perjuangan nenek moyang serta harus bangga berkat jasa mereka kita bisa merasakan kemerdekaan hari ini," tegasnya.

(han/don)

Berita Terkait

Baca Juga