Huruf A, B, C dan D Ungkap 'Identitas' Arca Naga: Ditemukan Warga Dharmasraya, Dijual di Toko Online

Huruf A B C dan D Ungkap Identitas Arca Naga Ditemukan Warga Dharmasraya Dijual di Toko Online Foto kiri: Huruf latin yang ditemukan di telapak kaki arca oleh tim arkeolog BPCB Sumbar. Foto kanan: Patung naga dewa Siwa yang dijual di toko online. Sumber: istimewa

Covesia.com - Tim peneliti yang diutus Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar ke rumah Marzuki di Jorong Pulai, Kanagarian Pulai, Kecamatan Sitiuang, Dharmasraya pada Selasa (28/5) mendapati sejumlah temuan yang mengungkap 'identitas' arca berbentuk naga tersebut.

Baca: Benda Diduga Artefak ini Ditemukan Warga Dharmasraya saat Menjaring Ikan

Kepala BPCB Sumbar, Nurmatias mengatakan, terdapat abjad latin di telapak kaki arca dalam bentuk huruf kapital.

"Di bawah telapak arca masing masing (ada huruf) A, B, C dan D," ungkap Nur kepada Covesia, Selasa (28/5/2019). 

Sementara berat arca sekira 2,5 kilogram dengan tinggi 20 cm dan panjang 70 cm (ralat/ BPCB Sumbar: tinggi 23 cm, panjang 45 cm). 

Baca: Penjelasan Lengkap Tim Arkeolog BPCB Sumbar terkait Penemuan Arca di Dharmasraya

Dari sisi nilai sejarah kompleks percandian, katanya sama sekali tidak berkaitan dengan peninggalan Cagar Budaya Candi Padang Roco.

"Tidak ada juga kaitannya dengan ritual keagamaan baik Hindu maupun Budha," sebutnya. 

Dia menambahkan, peristiwa penemuan seperti ini memang sudah cukup banyak dilaporkan warga. 

"Setelah diteliti, dari segi ikonografi saja sudah ketahuan jika benda-benda tersebut bukan artefak," pungkasnya.

Arca Naga Dijual di Toko Online

Dari temuan Covesia, arca berbentuk naga itu diduga kuat memiliki kesamaan bentuk dengan arca naga dewa Siwa yang dijual di salah satu toko online (di sini).


Dalam keterangan pelapak (Barang telah dihapus), arca tersebut dijual seharga Rp430 ribu, oleh pelapak yang beralamat di Kota Solo, Jawa Tengah.   

"Patung Naga Dewa siwa antik adalah sebuah patung yang memiliki keunikan dan keantikan tersendiri. patung naga siwa antik sangat cocok buat hiasan rumah anda, agar rumah anda terlihat lebih berkesan, di balik keunikan dan keantkan Patung Naga Dewa siwa memiliki Kekuatan power yang selebih nya bagi anda suka dunia supranatural," demikian deskripsi yang ditulis pelapak.

Sementara, peristiwa penemuan arca ini sempat mengundang perhatian banyak pihak, termasuk Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan. 


Dalam sumber foto yang didapatkan Covesia terlihat Bupati Dharmasraya (dua kiri) turut mengunjungi kediaman Marzuki (tiga kiri) untuk melihat langsung rupa arca tersebut. 

Hingga berita ini ditayangkan, Covesia masih berusaha mengonfirmasi Sutan Riska untuk meminta keterangan sekaitan penemuan arca tersebut. 

(rdk)

Berita Terkait

Baca Juga