Tradisi Balimau Paga Pesisir Selatan Sambut Ramadhan

Tradisi Balimau Paga Pesisir Selatan Sambut Ramadhan Tradisi bajamba di salah satu nagari di Pessel sebelum melakukan Tradisi Balimau Paga (Ist)

Covesia com - Dalam rangka penyambutan bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah sebilan Nagari di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) bakal melaksanakan tradisi balimau yang disebut 'Balimau Paga' besok Minggu (5/5/2019) 

Sembilan nagari yang akan melaksanakan tradisi 'Balimau Paga' tersebut bakal di hadiri langsung oleh jajaran Pemkab Pessel. 

Dimana, tradisi menyambut bulan suci ramadhan ini adalah sebuah budaya yang diwarisi oleh para pendahulu terdahulu dan hingga sekarang balimau paga tetap dipakai dan dilaksanakan oleh masyarakat minang terkusus di Pesisir Selatan.

Karena menurut masyarakat setempat, selain sebuah tradisi yang di warisi oleh para pendahulunya. Balimau paga juga diyakini sebagai bentuk mensucikan diri dalam menyambut bulan suci Ramadhan. 

Maka dengan itu, tradisi balimau paga hingga sekarang masih tetap dilakukan oleh masyarakat minang kususnya masyarakat di Pessel. 

Selain itu, tradisi balimau paga juga dijadikan sebagai bentuk mempererat silaturahmi. 

Dimana setelah melakukan balimau paga para pemuka masyarakat dan niniek mamak yang ada beserta masyarakat, akan salam-salaman dan saling bermaaf-maafan dalam menyambut bulan suci ramadhan.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengatakan, sembilan nagari yang akan melakukan balimau paga nantinya, akan dihadiri oleh Pemkab Pessel atas nama Bupati.

"Kalau saya nantinya bakal menghadiri sekalian melakukan proses 'Balimau Paga' di Nagari Painan Kecamatan IV Jurai, bersama tokoh masyarakat dan juga masyarakat sekitar," ungkap Bupati pada Covesia.com Sabtu (4/5/2019)

Dijelaskannya Bupati, sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Ir. Erizon, MT, akan mengikuti acara  Balimau Paga bersama masyarakat Nagari Limau Gadang Lumpo Kecamatan IV Jurai.

"Sedangkan Nagari lain yang akan melaksanakan tradisi balimau paga akan di hadiri oleh OPD Pemkab Pessel dengan mewakili atas nama Bupati," terangnya 

Bupati menambahkan, tujuh nagari yang diwakili atas nama bupati yang akan melaksanakan tradisi Balimau Paga. Seperti di Nagari Bungo Pasang bupati diwakili oleh Kepala Dinas Pangan, sementara di Batang Kapas bupati diwakili Kepala Bapeda Litbang.

"Sedangkan di Nagari Lakitan Utara, Kecamaran Lengayang, mewakili bupati Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Dan Nagari Palangai  Kecamatan Ranah Pesisir, 

bupati menunjuk Kepala Dinas Perhubungan dan menghadiri acara Balimau paga di Nagari Inderapura Kepala Dinas Koperindag," jelasnya

Menurut Bupati, tradisi balimau paga bertujuan untuk mensucikan diri dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan.

"Tidak hanya itu, tradisi balimau paga juga sebuah bentuk menjalin silahturahmi antar masyarakat baik itu ninik mamak, tokoh masyarakat dan juga dari Pemda sendiri,"ujar Bupati

Lanjutnya lagi, Bupati memberikan apresiasi kepada ninik mamak dan masyarakat yang telah konsisten dalam melestarikan budaya balimau paga di dalam menyambut bulan suci ramadhan.

"Saya sangat apresiasi sekali, acara balimau paga besok. Karna pemuka adat kita seperti niniek mamak dan masyarakat masih dengan kokohnya mempertahankan tradisi balimau paga, yang telah diwarisi oleh pendahulu kita," tutupnya Bupati.`

Reporter Pessel: Indrayen

Berita Terkait

Baca Juga