Merawat Keberagaman

Merawat Keberagaman Dok.Pribadi

Covesia.com - Keberagaman yang tumbuh di tengah-tengah masyarakat Indonesia haruslah dirawat dengan baik dan telaten agar bisa menjadi energi positif di dalam membangun bangsa. Di daerah pun keberagaman itu harus menjadi kekuatan yang menyatukan, bukan memecah-belah.

Di Lunang - Silaut Kabupaten Pesisir Selatan, keberagaman itu telah menjadi kekuatan masyarakat di sana untuk bersama membangun daerah yang berbatasan dengan Muko-muko Provinsi Bengkulu itu.

Melalui program pemerintah, sejak tahun 70-80 an ribuan Kepala Keluarga (KK) masyarakat dari Jawa menghuni daerah Lunang - Silaut sebagai transmigran. Sekarang perkembangannya sangat pesat. Daerah tersebut saat ini sudah semakin ramai dan menjadi Kota Mandiri.

Sabtu (13/10) kemaren saya berkesempatan berkunjung ke sana mendampingi Anggota DPR RI Asli Chaidir yang bersilaturahmi dengan masyarakat setempat sebagai konstituennya. 

Suguhan atraksi kesenian budaya Jawa menyambut kedatangan kami, seperti Reog Ponorogo dan kuda kepang. Walau pun keseniannya Reog Ponorogo tetapi informasinya, pemainnya ada yang dari suku Minang.

Mereka telah lebur dan menyatu dalam Bhinneka Tunggal Ika, walau berbeda-beda budaya tapi tetap hidup rukun dan damai dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Terima kasih masyarakat Lunang - Silaut, telah memberikan saya pembelajaran akan arti sebuah harmonisasi di dalam kehidupan.

(lif)

Isa Kurniawan

Isa Kurniawan ( Koordinator Komunitas Pemerhati Sumbar )

Berita Terkait

Baca Juga