Karya Penulis Terkenal Asal Sumbar di Pamerkan Dalam Pergelaran Silek Art Festival

Karya Penulis Terkenal Asal Sumbar di Pamerkan Dalam Pergelaran Silek Art Festival Sejumlah karya dan peninggalan AA Nafis (Foto: Covesia/ Fadil)

Covesia.com - Naskah berusia puluhan tahun karya penulis terkenal asal Sumatera Barat (Sumbar) dipamerkan dalam kegiatan Silek Art Festival (SAF) di Minangkabau corner, Universitas Andalas (Unand) Kota Padang.

Selain naskah kuno dan sejumlah majalah terbitan tahun 1920, sampul majalah berusia puluhan tahun juga di pamerkan dalam rangkaian Silek Art Festival.

"Untuk koleksi naskah, kita mengambil karya penulis terkenal asal Sumbar seperti Syaffruddin Arifin, Soeman H. S, AA Navis, Yuriwal, ST. Iskandar dan banyak lagi penulis lainnya," ujar kokurator acara, bagian sastra, Esha Tegar Putra di Padang, Kamis (4/10/2018).

Kata Esha, Beberapa tulisan ada yang berusia 50 hingga 70 tahun yang di kumpulkan sejak 5 tahun belakangan. Naskah tersebut didapat dari toko bekas dan media online bahkan ada yang menjual Rp. 3,5 juta hingga Rp. 5 juta.

"Untuk koleksi, ada beberapa yang dibeli dengan harga jutaan rupiah. Kemudian ada juga koleksi naskah kuno yang dimiliki oleh keluarga ahli waris namun kami tidak berani membawanya karena takut rusak," sebutnya.

"Saat ini baru terkumpul 1000 naskah yang terdiri dari buku, arsip dokumen dari tulisan tangan, antalogi puisi dan novel dan majalah namun belum masuk tahap klasifikasi," lanjutnya.

Sementara itu, Koordinator Minangkabau Corner, Pramono mengungkapkan bahwa, masih banyak naskah kuno di Sumbar yang berusia ratusan tahun tidak terkelola dengan baik oleh pemiliknya.

"Rata-rata naskah tersebut sudah ada sejak abad 17. Namun karena rusak dan ada juga yang dijual oleh ahli waris maka sangat sulit sekali mengumpulkan naskah-naskah yang ada di Sumbar," sebutnya.

(dil/don)


Berita Terkait

Baca Juga