Begini Cara Pilih Umpan Pancing Terbaik untuk Para Angler

Begini Cara Pilih Umpan Pancing Terbaik untuk Para Angler ilustrasi (foto: Pixabay)

Covesia.com - Bagi anda yang hobi memancing tentu memahami bahwa umpan pancing sangat berpengaruh pada hasil tangkapan ikan anda. Umpan diibaratkan sebuah amunisi bagi para angler.

Tanpa umpan yang jitu kita tidak akan sukses bisa memancing ikan dan menaklukkannya ke permukaan. Umpan berfungsi untuk memikat ikan agar terkait pada mata pancing. 

Bagi para pemula di dunia memancing, penting sekali untuk mengetahui jenis umpan pancing apa yang cocok untuk hobi baru memancing anda. Dirangkum dari berbagai sumber berikut cara memilih umpan pancing terbaik untuk para angler. 

Pilih material umpan sesuai dengan metode memancing anda 

Umpan pancing dari bahan logam rata-rata tidak terlalu mahal dari segi harga. Di pasaran umpan pancing dari bahan logam tersedia dari berbagai jenis bahan, diantaranya bahan berikut ini:

  • Tungsten : bahan ini termasuk bahan logam yang terberat untuk umpan pancing, memiliki kecepatan tenggelam di air yang sangat cepat dan memiliki kestabilan.
  • Timah dan besi : bahan ini sangat mudah untuk dilemparkan pada jarak yang jauh.
  • Aluminium : umpan dari bahan aluminium adalah yang paling ringan, mudah bergerak mengikuti arus air.

Menggunakan umpan pancing yang mahal belum tentu menjamin hasil tangkapan anda meningkat. Karena itu lebih baik anda memilih umpan pancing berdasarkan fungsi dan kegunaannya.

Umpan pancing bahan logam dengan kemurnian yang rendah memang lebih murah. Namun, untuk penggunaan jangka panjang, disarankan anda memilih yang terbuat dari bahan dengan kemurnian dan kualitas tinggi.

Pilih warna umpan sesuai dengan waktu dan lokasi memancing

Ada dua tipe warna umpan pancing, yaitu umpan berwarna biru dan berwarna merah muda. Warna umpan pancing memberikan efek yang berbeda.

Umpan dengan warna biru memantulkan sinar matahari dan bersinar cemerlang, sehingga mudah terlihat oleh pemancing. Sedangkan umpan warna merah muda lebih berpengaruh di bawah air, memiliki efek lebih menarik bagi ikan.

Dianjurkan anda selalu membawa dua jenis warna ini ketika memancing. Jika anda memancing di air yang jernih pada saat matahari bersinar, maka gunakan umpan berwarna biru. Apabila memancing saat langit mulai gelap atau matahari belum terbit, gunakan umpan merah muda.

Dan juga jika lokasi memancing memiliki kondisi air yang keruh, maka gunakanlah umpan pancing merah muda untuk memperbesar kemungkinan hasil tangkapan anda.

Pilih bentuk umpan sesuai dengan metode memancing anda

Umpan pancing memiliki berbagai bentuk berbeda, masing-masing bentuk umpan memiliki keunggulannya sendiri. Ada yang unggul dari segi kemudahannya dilemparkan dalam jarak tertentu, ada pula yang unggul dari segi ketahanan dan kestabilan di air.

Berikut ini ada beberapa keunggulan dari masing-masing bentuk umpan pancing. Pilihlah bentuk umpan yang sesuai dengan cara anda memancing dan prediksi kebiasaan makan dari ikan target yang akan ditangkap.

- Tipe umpan lurus, digunakan untuk jenis ikan penguasa

Ini merupakan bentuk umpan yang paling umum, bentuknya lurus dan ramping. Umpan jenis ini mudah untuk dilemparkan dan mudah berpindah terbawa arus. Sangat cocok untuk memancing di tempat yang arus pasang surutnya berubah-ubah dengan cepat.

- Tipe asimetris, memiliki kemampuan luar biasa dalam mengelabui ikan target

Jika dilihat dari sisi atas, bentuk umpan ini asimetris di sisi kiri dan kanannya. Bentuknya menciptakan gerakan yang tidak teratur, sehingga mudah memancing ikan target untuk mendekat. Hanya saja ketahanannya di air sangat besar, sehingga pemancing membutuhkan tenaga yang besar untuk menarik pancing.

Pemancing bisa mudah merasa lelah jika menggunakan umpan jenis ini. Karenanya umpan bentuk ini direkomendasikan untuk anda yang ingin menargetkan ikan tangkapan besar dalam sekali tangkap.

- Tipe umpan panjang, tarikan pancing terasa kuat

Umpan jenis panjang ini biasanya digunakan jika anda menargetkan untuk tangkapan ikan besar dan cumi-cumi. Ini tidak cocok untuk dilemparkan dalam jarak yang jauh. Direkomendasikan untuk anda yang memancing menggunakan kapal besar.

- Tipe pendek, kegunaannya tergantung pada bahan dan beratnya

Umpan pancing tipe pendek ini dapat digunakan untuk memancing ikan kecil dan juga beberapa jenis ikan besar. Umpan jenis ini cenderung ringan dan dapat dilemparkan untuk jarak yang jauh.

Sayangnya, umpan ini memiliki tingkat kecepatan yang lambat untuk masuk ke dalam air. Dianjurkan untuk menambahkan pemberat jika ingin menggunakan umpan jenis ini.

- Tipe slow, untuk pemancing wanita

Umpan jenis ini berbentuk seperti telur pipih. Umpan ini bisa digunakan untuk menangkap berbagai jenis ikan seperti ikan kakap merah besar. Umpan jenis ini sangat populer bagi para pemancing wanita yang umumnya tidak memiliki cukup tenaga untuk menarik pancing.

Umpan pancing yang bisa digunakan berkali-kali, membuatnya menjadi pilihan para pemancing karena bisa menghemat biaya membeli umpan. Jika anda bisa memilih umpan yang baik, maka dengan satu jenis umpan pancing, anda bisa menargetkan untuk menangkap berbagai jenis ikan.

Namun, satu jenis umpan pancing tidak bisa digunakan untuk semua kondisi. Jika umpan tidak cocok dengan kondisi lokasi memancing, atau tidak pas dengan mulut ikan tangkapan, maka sekalipun anda menggunakan umpan yang mahal harganya, tangkapan anda tidak akan meningkat.

Berat dan keseimbangan umpan juga bervariasi, masing-masing memiliki perbedaan gerak di dalam air dan jarak lempar. Karenanya, untuk menemukan yang benar-benar pas dengan kebutuhan anda, maka anda mungkin perlu mencoba beberapa jenis umpan pancing yang ada.

(sea)

Baca juga: 7 Teknik Mancing Bagi Pemula yang Perlu untuk Diketahui

Berita Terkait

Baca Juga