Remaja Islam Masjid Darussalam: Remaja Hebat

Remaja Islam Masjid Darussalam Remaja Hebat Dok.Pribadi

Covesia.com - Pada (9/6) kemarin, saya didapuk menjadi juri dalam kegiatan lomba cerdas cermat di Masjid Darussalam Kelurahan Padang Tiakar, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh.

Acara yang diikuti 16 grup cerdas cermat dari berbagai masjid/musala di Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota itu diselenggarakan Remaja Islam Masjid Darussalam (RIMDA).

Keluar sebagai pemenang, juara 1 utusan dari musala Al Ikhlas Ngalau, juara 2 utusan dari masjid Ihsan Taruko dan juara 3 utusan dari musala Al Hidayah Payobadar. Masing-masing juara mendapatkan tropi dan sejumlah tabungan.

Kegiatan ini diselenggarakan tidak semata-mata ajang kompetisi antar remaja masjid, namun untuk menjadikan Ramadhan sebagai momentum untuk mempererat tali silaturrahim antar remaja Islam yang ada di Kota Payakumbuh/ Kabupaten 50 Kota.

Saya mengagumi semangat remaja yang tergabung dalam RIMDA tersebut. Memiliki semangat yang tinggi untuk menyelenggarakan kegiatan yang bernuansa islami.

Kegiatan tersebut seakan membawa saya ke masa lalu, di mana saya juga pernah aktif di RIMDA. Saya juga pernah di posisi adik-adik tersebut. 

Kegiatan yang diusung RIMDA itu harus kita apresiasi. Di mana kita masih melihat anak-anak muda yang bisa menyemarakkan masjid. Hal seperti ini mungkin juga ditemukan di daerah-daerah lainnya.

Pelajaran yang bisa kita ambil dari kegiatan tersebut ialah, masjid harus dijadikan sebagai wadah untuk membentuk akhlak generasi muda. Dengan menyelenggarakan kegiatan-kegatan yang bermanfaat, kegiatan yang mengasah intelektual, kegiatan yang memperdalam ilmu agama, akan membentuk generasi muda yang berkarakter.

Remaja harus menjadi takmir masjid. Sehingga masjid tidak hanya menjadi tempat ibadah ritual belaka. Pemuda harus mampu menggerakkan segala potensi umat dari masjid.

Semua kita memiliki kewajiban untuk mendorong generasi muda untuk selalu menyemarakkan masjid yang ada di tiap daerah. Hal tersebut bisa membentengi pemuda dari kegiatan-kegiatan yang merugikan.

Kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba, dan segala jenis kriminalitas bisa diatasi dan dibendung dengan mendorong pemuda aktif di masjid atau musala. Semoga kedepannya, setiap pemuda menjadi lokomotif penggerak masjid di masing-masing daerahnya.

(lif)


Jen Zuldi

Jen Zuldi ( Mantan Pengurus Pelajar Islam Indonesia/ Mantan Pengurus Remaja Islam Masjid Darussalam Tiakar )

Berita Terkait

Baca Juga