Tanpa Musyawarah, Pemko Bukittinggi Hentikan Kegiatan Kesenian di Medan nan Balinduang

Tanpa Musyawarah Pemko Bukittinggi Hentikan Kegiatan Kesenian di Medan nan Balinduang Tampak gedung tempat pertunjukan pagelaran kesenian di Medan nan Balinduang sudah mulai dibongkar, Selasa (13/3/2018) (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Pemerintah kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) melalui dinas pariwisata, pemuda dan olahraga (disparpora) setempat menghentikan kegiatan kesenian di Medan Nan Balinduang.

Yuliana Rahma Deni, salah seorang perwakilan dari lima sanggar yang ada di Medan nan Balinduang, saat dikonfirmasi covesia.com, Selasa (13/3/2018) mengatakan, tanpa ada konfirmasi dan tanpa ada solusi, pemko hanya memberikan selembar kertas yang langsung menghentikan kegiatan berkesenian yang telah ada dari tahun 1989.

"Kami hanya menerima surat yang diberikan oleh pihak Disparpora pada Sabtu (10/3/2018) malam, bahwa lokasi akan dihancurkan dan ini menjadi imbas dari revitalisasi Jam Gadang, dan kami tidak boleh lagi beraktifitas disana mulai pada 15 Maret 2018," ungkapnya.


Ia menyebutkan, disaat pemerintah daerah lain gencar-gencarnya mensupport para pelaku seni untuk berkreasi, namun Bukittinggi malah menghancurkan harapan mereka sebagai pelaku kesenian di kota tersebut.

"Padahal dilokasi ini merupakan gedung pertunjukan kesenian yang selalu ada setiap malam di Bukittinggi dan sudah diketahui oleh wisatawan dalam dan luar negri, di Indonesia hanya dua daerah yang hanya memberikan pertunjukan kesenian terhadap tamu manca negara, yaitu Bali dan Bukittinggi ini," sebutnya.

Ia menyampaikan hanya butuh keterangan dan solusi dari pemda setempat jika memang gedung tersebut akan dihancurkan dan mencarikan solusi tempat dan layak sebagai pengganti pertunjukan yang baru bagi pelaku seni.

"Karena di Medan nan Balinduang ini ada lima sanggar kesenian yang tiap hari mengisi agenda pertunjukan kesenian kepada wisatawan, yang meliputi Sanggar Saayun Salangkah, Gastarana, Puti Limo Jurai, Sakato dan Ganto Minang.

(deb/don)


Berita Terkait

Baca Juga