UKM Teater Imam Bonjol Akan Pentaskan 'Baca' pada Pembukaan MTQ XXVIII Tingkat Nasional di Sumbar

UKM Teater Imam Bonjol Akan Pentaskan Baca pada Pembukaan MTQ XXVIII Tingkat Nasional di Sumbar Pemain Teater Imam Bonjol dalam Pementasan Naskah Baca. Pementasan Ini Akan Ditampilkan Dalam Pembukan MTQ Nasional XXVIII di Sumbar pada November nanti dalam bentuk Video (Foto: Ist)

Covesia.com - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Iman Bonjol akan mementaskan naskah yang berjudul Baca di pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVIII Tingkat Nasional yang akan digelar pada November nanti di Provinsi Sumatera Barat. 

Pementasan teater tersebut jauh berbeda dengan pementasan teater biasanya, dimana pementasan tidak langsung namun dalam bentuk pemutaran video.

Sutradara pementasan UKM Teater Iman Bonjol Rian Afdol mengatakan, sesuai dengan judul naskah yang dibuat secara kolektif oleh anggota, pementasan ini merupakan bentuk interpretasi turunnya ayat Al-Qur'an (Wahyu) pertama kepada Nabi Muhammad SAW.

"Jika dikaitkan dengan konteks sekarang, pementasan ini berhubungan dengan mengajak masyarakat untuk membaca dan kembali mempelajari Al-Qur'an," katanya di Gedung Dinas Kebudayaan Sumbar, Rabu (14/10/2010).

Rian Afdol menambahkan, selain itu, juga mengajak penonton (Penikmat Teater) membaca berbagai peristiwa yang terus terjadi di bumi Allah.

"Pementasan ini, melibatkan lima aktor, kelimanya merupakan perempuan, memakan waktu latihan selama 2 bulan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua UKM Teater Iman Bonjol Annisa Atun Rahma menambahkan, ini merupakan produksi pementasan teater Iman Bonjol yang pertama sejak pandemi Covid-19. Tentu, lanjutnya, dalam latihan berlangsung kami menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

"Kami sudah lama ingin berekspresi dan berkreativitas namun terhalang oleh pandemi Covid-19 yang mengharuskan kawan-kawan kuliah dalam jaringan (Daring) di rumah selama ini, namun berkat kerjasama dengan Dinas Kebudayaan Sumbar kami bisa eksis kembali," katanya.

Alumni UKM Teater Iman Bonjol Sulthan Jiyad menuturkan, apresiasinya kepada UKM Teater Iman Bonjol yang masih bisa berkarya ditengah pandemi Covid-19 ini.

"Suatu langkah awal yang bagus menurut saya karena kawan-kawan masih bisa berkarya dan menunjukkan eksistensinya dalam kondisi saat ini. Semoga lahir karya-karya yang baru dan menjadi kiblat teater kampus di Sumbar.

Pesan saya tetap semangat dan selalu utamakan kesehatan," kata dia.

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga