Kiat Jitu untuk Menumbuhkan Rasa Ingin Membaca

Kiat Jitu untuk Menumbuhkan Rasa Ingin Membaca Ilustrasi

Covesia.com - Membaca merupakan suatu bentuk rasa ingin tau tentang ilmu yang akan didapatkan dalam buku yang dibaca. Salah satu manfaat  membaca ialah dapat mengasah kemampuan otak. Membaca juga sebagai sarana untuk menambah wawasan serta pengetahuan.

Namun tidak semua orang yang suka membaca, karena budaya baca belum menjadi tradisi. Kebanyakan orang lebih senang mendengar dibandingkan membaca. Bahkan ketika kita sedang membaca, kita pun sedang mendengar pikiran kita sendiri mengeja setiap kata dalam kalimat yang kita baca. Membaca itu sulit bagi yang baru, karena butuh konsentrasi, energi dan waktu untuk memahami.

Membaca buku sangat sedikit diminati oleh para pelajar, untuk menumbuhkan rasa ingin membaca yaitu jadikan membaca sebagai hobi kita dan tumbuhkan rasa ingin tau kita supaya untuk minat membaca.

Berikut adalah tips untuk menumbuhkan rasa ingin membaca dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (02/03/2021).

1. Pilih Buku yang Anda Sukai. 

Anda akan merasa tidak jenuh dan bosan, jika membaca buku yang Anda sukai. Baik itu membaca novel, majalah, maupun buku pelajaran yang ada di perpustakaan. Untuk Si Kecil, pilihlah buku yang menarik perhatiannya, seperti buku yang memiliki banyak gambar dan warna.

2. Membacalah dengan Tenang.

Membaca dengan tenang akan  lebih memahami  isi dari buku yang dibaca, nikmati waktu anda ketika membaca. Singkirkan pikiran yang membuat anda tidak fokus membaca. 

3. Pilihlah Tempat untuk Membaca yang Tenang dan Nyaman.

Membaca akan lebih nyaman ketika berada di tempat yang sepi, seperti membaca  di perpustakaan, suara-suara teredam ribuan buku, dan cahaya redup, namun cukup untuk membaca, hingga buku yang dibaca akan mudah dipahami.

(mgg-Yuliana Futri)

Berita Terkait

Baca Juga