Resep Pempek Tanpa Ikan, Nikmat dan Bikin Ketagihan

Resep Pempek Tanpa Ikan Nikmat dan Bikin Ketagihan (Foto : Instagram resep_masakan_indonesia)

Covesia.com - Mendengar nama Kota Palembang, tentu saja ada satu hal yang langsung terlintas di benak para pecinta kuliner. Ya, apa lagi jika bukan sajian pempek khas Palembang yang begitu nikmat dan menggugah selera?

Pempek sendiri merupakan kuliner asli Palembang yang terbuat dari daging ikan, tepung kanji, dan bahan pendukung lainnya seperti telur, bawang putih, penyedap rasa hingga garam.

Umumnya, pempek dihidangkan dengan kuah cuko dan mentimun sebagai pelengkap. Namun, ternyata pempek ini bisa juga dibuat tanpa harus menggunakan bahan berupa daging ikan, lho.

Jika stok daging ikan di rumah Anda sedang kosong, cara membuat pempek ini bisa kalian coba. Meskipun tak menggunakan daging ikan, dijamin, rasa pempek ini tetap nikmat dan bikin ketagihan.

Berikut rangkuman cara membuat pempek tanpa ikan dikutip dari Suara.com, Senin (7/9/2020) untuk Anda.

Bahan-bahan:

200 gram tepung terigu

400 ml air

2 sendok teh garam

1 bungkus penyedap rasa, merek sesuai selera

400 gram tepung tapioka

3 siung bawang putih yang dihaluskan

1 butir telur ayam

2 butir telur ayam (untuk isian pempek)


Bahan kuah cuko:

2 balok gula merah

3 biji cabai keriting

 5 biji cabai rawit

3 biji asam Jawa

500 ml air

Gula pasir dan garam secukupnya

Minyak goreng

Mentimun

Cara membuat pempek tanpa ikan:

Pertama-tama, ambil panci dan masukkan bahan-bahan berupa tepung terigu, air, garam, hingga penyedap rasa. Setelah itu, aduk adonan sampai merata, dan pastikan jangan sampai teksturnya menggumpal.

Berikutnya setelah rata, nyalakan api sedang pada kompor, kemudian aduk-aduk sampai adonan tepung berwarna kekuningan mirip pasta. Matikan api, lalu sisihkan dalam wadah, kemudian diamkan 10 menit.

Selanjutnya, masukkan bahan-bahan seperti bawang putih, 1 buah telur ayam, dan juga tuang sedikit tepung tapioka ke dalam adonan. Uleni adonan sampai rata secara pelan-pelan, agar teksturnya tidak cepat mengeras.

Tahap berikutnya, bentuk adonan pempek bulat sedikit lonjong. Jangan lupa berikan lubang di adonan menggunakan jempol tangan, kemudian tuang setengah telur kocok ke dalam isian pempek, lalu tutup rapat.

Sisa adonan yang tidak ingin dijadikan pempek kapal selam, bisa dibuat menjadi bentuk lain seperti lenjer, bulat dan lain sebagainya.

Rebus pempek sampai kondisinya matang, usahakan sampai air mendidih agar pempek kapal selam dengan telur di dalamnya matang. Agar tidak lengket, tambahkan sedikit minyak pada pempek.

Sesudah matang, angkat pempek kemudian sisihkan. Sebagian dapat digoreng langsung, dan sisanya bisa disimpan dalam freezer.

Terakhir, untuk kuah cuko Anda cukup menghaluskan bahan cabai, garam dan juga gula. Setelah itu, ambil wajan, nyalakan api lalu masukkan air ke dalamnya.

Jika gula sudah larut, koreksi rasa. Apabila rasanya sudah sesuai, matikan kompor kemudian saring ampas kuah cuko.

Hidangkan pempek yang sudah digoreng dengan potongan mentimun dan kuah cuko.

Nah, itu tadi cara membuat pempek tanpa ikan di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

(Suara.com)

Berita Terkait

Baca Juga