Resep Garlic Bread Anti Ribet Ala Netizen

Resep Garlic Bread Anti Ribet Ala Netizen Ilustrasi (Pixabay)

Covesia.com - Garlic bread alias roti bawang putih menjadi salah satu makanan yang kini tengah digandrungi oleh para pecinta kuliner di Indonesia.

Dalam proses pembuatannya, garlic bread umumnya dibuat dari campuran tepung terigu atau roti khusus yang diberi olesan mentega serta campuran bawang putih hingga daun parsley.

Garlic bread biasanya bisa didapatkan dengan mudah di sejumlah kafe dan juga restoran.

Bagi Anda yang kesulitan mencari garlic bread, sebenarnya makanan ini bisa kalian buat sendiri di rumah lho. Belum lama ini seorang pemilik akun Twitter @rafikakinasih membagikan trik membuat garlic bread menggunakan roti tawar di rumah.

"Thread bikin garlic bread roti tawar. Banyak yang nanya, padahal cuma simpel aja, bahan-bahan seadanya di rumah, bikin pas mepet buka puasa tadi wkwkw (masak darurat). Fillingnya sama kayak garlic bread biasanya tapi nggak pakai cream cheese soalnya terlalu fancy,"

Berikut rangkuman, beberapa bahan membuat garlic bread yang dibutuhkan dari thread milik akun Twitter @rafikakinasih, Selasa (1/9/2020).

Bahan garlic bread:

Roti tawar secukupnya

Mentega 1/2 bungkus

1 butir telur ukuran kecil

5 siung bawang putih parut

1/2 sendok teh garam atau secukupnya sesuai selera

Daun parsley secukupnya sesuai selera

Keju mozarella merek sesuai selera

Cara membuat garlic bread:

Pertama-tama, potong roti tawar menjadi empat bagian. Dalam thread tersebut Rafika menyebutkan bahwa dirinya menggunakan 5 lembar roti tawar.

Setelah itu, lelehkan mentega dengan menggunakan api kecil pada kompor, kemudian dinginkan dalam suhu ruangan.

Jika mentega sudah berada dalam suhu ruangan, masukkan telur, dan aduk hingga merata. Usahakan mentega tidak dalam kondisi panas atau hangat agar telur tidak matang.

Langkah berikutnya, masukkan bawang putih parut, garam, daun parsley, kemudian kocok sampai rata.

Kemudian tahap selanjutnya oleskan adonan tadi pada bagian atas roti, lalu taburi juga dengan keju parut.

Panaskan garlic bread tadi ke dalam oven dengan suhu 160 derajat Celcius selama kurang lebih 10 menit, hingga teksturnya kering.

Jika tidak memiliki oven, kalian juga bisa memanaskan garlic bread tersebut dengan menggunakan teflon. Usahakan apinya jangan terlalu besar ya.

Nah itu dia tadi resep garlic bread ala netizen yang terbilang praktis karena hanya menggunakan bahan berupa roti tawar saja. Selamat mencoba di rumah ya!

(Suara.com)

Berita Terkait

Baca Juga