Kasus Covid-19 Melonjak, Wisata Istana Siak Kembali Tutup

Kasus Covid19 Melonjak Wisata Istana Siak Kembali Tutup Istana Assereyah Hasyimiah atau Istana Siak kembali ditutup. Foto: Antara/Bayu Agustari Adha

Covesia.com - Lokasi Wisata Istana Assereyah Hasyimiah atau Istana Siak di Kabupaten Siak, Riau, kembali ditutup bagi pengunjung mebyusul melonjaknya kasus COVID-19 di daerah setempat. Lonjakan kasus terjadi sejak sepekan terakhir.

"Tempat wisata yang dikelola Pemerintah Daerah ditutup lagi karena kita lihat dari kasus yang ada ini karena masuknya orang ke tempat kita," kata Sekretaris Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Siak Budhi Yuwono di Siak, Selasa (21/7/2020).

Selain istana Siak, sejumlah objek wisata lainnya juga ditutup diantaranya, Tangsi Belanda dan Balai Adat, Makam Sultan Syarif Kasim II maupun komplek Makam Koto Tinggi depan Istana Siak.

Kasus Covid-19 di Siak saat ini mencapai 23 orang dengan 4 orang sembuh. 

Istana Siak dan objek wisata lainnya baru dibuka sekitar sebulan lalu dengan menerapkan protokol kesehatan normal baru.

Saat ini empat orang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Rafian Siak. Kemudian ada 11 orang di rumah sakit di Pekanbaru serta empat yang kabur ke Sumatera Selatan.

Istana Siak ditutup sejak Senin (20/7) di samping juga mengetatkan pengawasan. 

Menurut Budhi, pos pantau akan diketatkan terutama terhadap kendaraan dengan muatan besar.

"Seperti bus atau travel tetap mengedepankan pemakaian masker, kami imbau masyarakat tetap tenang, mengikuti protokol kesehatan COVID-19 menahan hati untuk tidak salaman," ujarnya.

Kelompok besar Kasus COVID-19 di Siak yakni 10 orang karyawan Subkontraktor PT Indah Kiat Pulp and Paper. 

Lalu ada lima orang satu keluarga yang menular juga ke dua aparatur sipil negara di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Siak serta dua pasangan suami istri lanjut usia.

(ant/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga