Antisipasi Kunjungan Wisata saat Lebaran, Pemda Agam Perketat Pengawasan

Antisipasi Kunjungan Wisata saat Lebaran Pemda Agam Perketat Pengawasan Pemberian peringatan di salah satu objek wisata di Agam, Selasa (26/5/2020)(Foto: Covesia/ Istimewa)

Covesia.com - Cegah penyebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) perketat pengawasan di pintu masuk objek wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Agam, Syatria mengatakan, sesuai instruksi Bupati bahwa tidak adanya kunjungan wisata di Agam selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan. Berpijak dari ketentuan tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan muspika, serta meminta bantuan Satpol PP Damkar untuk berjaga dan menutup seluruh pintu masuk objek wisata.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, kunjungan wisata akan meningkat saat lebaran dan libur, tapi karena masa PSBB kunjungan ditiadakan, jadi bersama unsur terkait kita berjaga di pintu masuk objek wisata," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Selasa (26/5/2020).

Tidak hanya pada objek wisata yang di kelola pemerintah daerah, kebijakan tersebut juga berlaku pada lokasi wisata yang dikelola oleh masyarakat. 

Pihaknya juga sudah menghimbau pengelola, pedagang dan masyarakat setempat untuk meningkatkan pengawasan serta tidak melakukan aktifitas baik berjualan maupun berkumpul di sekitar lokasi.

"Untuk objek wisata Agam, mayoritas pengunjung datang dari luar daerah, Jika ada yang datang segera beri pemahaman, ini untuk kebaikan bersama agar penyebaran Covid-19 tidak terjadi di Agam," tutur Syatria.

Menyingkapi adanya kunjungan wisata di Tanjung Mutiara saat awal Idul Fitri1441 Hijriah kemarin, pemerintah daerah sudah bekerja sama dengan puspika, pemerintah kecamatan, dan pengelola objek wisata untuk tidak mengizinkan lagi pengunjung untuk datang. 

"Kita sudah melakukan rapat koordinasi, dan hari ini seluruh pintu masuk objek wisata sudah ditutup," katanya.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga