3,8 Juta Wisatawan Kunjungi Pariaman pada Tahun Lalu

38 Juta Wisatawan Kunjungi Pariaman pada Tahun Lalu Ilustrasi - Ribuan masyarakat saat menyaksikan atraksi terjun payung pada peringatan puncak Hari Nusantara 2019 di kawasan pantai Gandoriah, kota Pariaman, Sabtu (14/12/2019)/ Foto: Covesia/Peri

Covesia.com - Sepanjang tahun 2019 terdapat sekitar 3,8 juta orang mengunjungi wisata Kota Pariaman, Sumbar. Hal itu mengalami kenaikan dari pada tahun sebelumnya. 

"Tahun 2018 kunjungan wisatawan ke Kota Pariaman hanya mencapai 3,2 juta orang. Ini mengalami kenaikan sekitar 600 ribu pada 2019," sebut Pelaksana Tugas Kepala (Plt) Dinas Pariwisata dan Olahraga Kota Pariaman, Alfian, Senin (24/2/2020).

Lanjut Alfian, kunjungan itu didominasi ke Pantai Gandoriah dan Pulau Angso Duo, kemudian ke sejumlah objek wisata lain yang ada di Kota Pariaman.

"Jumlah kunjungan tersebut dicatat oleh petugas di lapangan lalu dirangkum selama setahun," katanya. 

Dikatakan Alfian, untuk kunjungan tersebut sebagian besarnya masih bersifat lokal atau berasal dari sejumlah daerah yang ada di Sumbar.

"Tapi tahun ini, kami akan giat untuk melakukan promosi-promosi ke provinsi lain yang ada di Indonesia," ujarnya. 

Dia berharap kunjungan wisatawan ke Kota Pariaman kembali meningkat pada 2020 ini. Namun saat ini pihaknya juga masih melakukan upaya peningkatan kualitas pelayanan wisata.

Alfian juga menyebutkan saat ini di Kota Pariaman, ada sejumlah objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Seperti di antaranya, Pantai Gandoria, Pulau Angso Duo, Tugu Angkatan Laut, Taman Anas Malik, Pantai Kata, Pantai Cermin dan penangkaran penyu.

"Sekarang juga ada objek wisata baru yang mesti dikunjungi yaitu, Talao Park Pauh yang memiliki tema kota tepi air, Sekolah Tinggi Ilmu Beruk, dan desa wisata Tungkal Selatan," ungkapnya. 

(per/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga