Wabah Virus Corona Tidak Pengaruhi Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Bukittinggi 

Wabah Virus Corona Tidak Pengaruhi Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Bukittinggi  Jam Gadang, salah satu Destinasi wisata yang ada di Kota Bukittinggi (Foto: Covesia/ Debi)

Covesia.com - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) melalui dinas pariwisata, pemuda dan olahraga mengatakan wabah virus Corona tidak mempengaruhi kunjungan wisatawan mancanegara ke daerah itu. 

"Wabah virus Corona ini tidak mengurangi kunjungan wisatawan ke Bukittinggi sebagai kota Wisata," kata Kepala Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi, Suzy Yanti, Sabtu (15/2/2020).

Ia menjelaskan dalam laporan biro perjalanan, kunjungan wisatawan mancanegara didominan berasal dari negara Malaysia disusul beberapa negara lain di Asia. 

"Ini juga terdata pada jumlah kunjungan ke objek wisata berbayar dan hunian hotel di Bukittinggi," ucapnya. 

Untuk kunjungan wisatawan asal Eropa, sebut Suzy Yanti lebih banyak melakukan kunjungan sendiri tanpa menggunakan biro perjalanan.

"Data PHRI menyebutkan hunian hotel untuk wisatawan mancanegara tidak berkurang. Malah wisatawan itu menetap lebih lama dibandingkan wisatawan Malaysia," jelasnya. 

Sedangkan untuk objek wisata berbayar, masih didominan pengunjung asal kota Pekanbaru, Medan, Jakarta, Bandung dan kota lainnya. 

(deb/don) 


Berita Terkait

Baca Juga