Indahnya Alam Sumatera Barat Menjajikan 'Sejuta Lokasi Wisata'

Indahnya Alam Sumatera Barat Menjajikan Sejuta Lokasi Wisata Ilustrasi beberapa wisata di Sumatera Barat (foto-foto Antara)

Covesia.com - Provinsi Sumatera Barat yang secara geografis berada di bagian barat tengah Pulau Sumatera, memiliki dataran rendah di Pantai Barat, serta dataran tinggi vulkanik yang dibentuk oleh Bukit Barisan yang membentang dari barat laut ke tenggara. Garis pantai provinsi ini seluruhnya bersentuhan dengan Samudera Hindia sepanjang 375 km.

Di provinsi dengan sebutan "Nagari Rang Awak" ini terkenal dengan kekentalan kultrure yang religius dan juga keelokan alam disertai dengan kekayaan satwanya,. Tak hayal jika Bumi Minangkabau ini banyak di jadikan destinasi wisata bagi para wisatawan Domestik maupun Manca Negara.

Sebagian besar wilayah berpusat ibukota provinsi di Kota Padang ini merupakan hutan tropis alami dan dilindungi, sehingga kearsian alamnya masih terjaga.

Berbagai spesies langka masih dapat dijumpai, seperti Rafflesia Arnoldi, Harimau Sumatera, siamang, tapir, usa, beruang dan berbagai jenis kupu-kupu dan burung. Hutan-hutannya dihuni hewan seperti gajah, harimau, macan tutul dan lainnya.

Di Sumatera Barat, juga ada dua Taman Nasional, yaitu Taman Nasional Siberut, terletak di Pulau Siberut dan Taman Nasional Kerinci Seblat.

Bagi para wisatawan tentunya, semua potensi yang ada di tanah kelahiran Proklamator Bung Hatta ini dapat menjadi tempat yang tepat untuk berpetualang hingga ke daerah pedalaman. Mulai dari alam bebas, satwa liar, pulau, pantai, hingga hutan hujan tropis.

(adi/zik)

Berita Terkait

Baca Juga