Danau Koruh Pasbar Kini Menjadi Objek Wisata Andalan

Danau Koruh Pasbar Kini Menjadi Objek Wisata Andalan Wisatawan saat berfoto dari puncak bukit yang mengelilingi Danau Koruh di Pasaman Barat, Sumbar.(foto yulisman/covesia.com)

Covesia.com - Bosan dengan obyek wisata itu ke itu saja? Bagi Anda yang ingin berlibur, satu lagi obyek wisata Danau Koruh yang ada di Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar. Objek wisata Danau Koruh terletak di Kampung Tengah, Jorong Situak Barat, Nagari (desa) Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang Pasbar.

Kini, wisatawan yang datang bukan hanya dari Sumatera Barat saja, tapi sudah berdatangan dari Sumatera Utara (Sumut). Suasananya asri dan jauh dari permukiman masyarakat, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata alam.

Ujang, seorang pengunjung kepada covesia.com, Sabtu (14/2) mengatakan objek wiasata yang satu ini mulai ramai dikunjungi sejak tahun 2013.

Daya tarik, para pengunjung bisa bebas memandang dan melihat langsung keindahan Danau Koruh ini dari bukit yang mengelilingi danau. Apalagi sejak adanya cafe lesehan diatas bukit Danau Koruh.

Danau Koruh ini memiliki keistimewaan tersendiri. Saat cuaca hujan, air danau terlihat agak kebiruan yang menyerupai air laut, ketika cuaca cerah air danau terlihat keruh tapi tidak lengket pada tangan dan kain.

"Saya lihat dikala libur memang ramai sekali," ujarnya.

Pengunjung lainya, Yanti, dikala libur dia sengaja mengajak keluarganya untuk menikmati pemandangan alam dan keindahan Danau Koruh yang ada di daerahnya. Danau Koruh adalah salah satu obyek wisata yang sudah ada sejak lama dan kini kondisinya semakin baik. Karena akses jalan menuju obyek wisata ini mulai diperbaiki walaupun bertahap.

"Mudahan-mudahan pemerintah Kabupaten Pasaman Barat lebih semangat dalam menata obyek wisata Danau Koruh ini kedepan. Sebab ini bisa dijadikan sumber PAD Pasbar," harapnya.

Sementara itu Ketua LSM Pelindas Pasaman Barat, Bisri mengatakan, Pemkab Pasbar diharapkan bisa membenahi obyek wisata Danau Koruh ini. Karena jalan menuju obyek wisata berada di jalan lintas Sumatera nantinya. Ia sangat tertarik dengan keindahan Danau Koruh ini.

Danau Koruh memiliki luas lebih kurang 5 kilometer persegi dengan kedalam 20 meter. Dikelilingi perkebunan kelapa sawit milik masyarakat dan kelompok tani. Ia berharap kepada seluruh masyarakat agar ikut melestarikan objek wisata ini, dan menjaga lingkungannya agar selalu indah dan bersih.

(man/zik)

Berita Terkait

Baca Juga