Cara Efektif Agar Ular Tidak Masuk ke Rumah

Cara Efektif Agar Ular Tidak Masuk ke Rumah Ilustrasi

Covesia.com - Geger penemuan anak ular di sejumlah pemukiman di wilayah Jabodetabek. Ketua Yayasan Sioux Ular Indonesia, Aji Rahmat, membagi tips tentang antisipasi saat bertemu ular jenis apapun di dalam rumah atau di lingkungan sekitar rumah.

"Yang harus dilakukan masyarakat adalah tetap tenang, nggak perlu khawatir sama ular karena ular itu ragamnya macam-macam, ada yang berbisa dan tidak berbisa. Kalau yang berbisa jangan dihandle pakai tangan, harus pakai alat, kalau nggak berani panggil orang yang cukup terlatih untuk menangani," ujar Aji saat berbincang dengan detikcom, Minggu (15/12/2019).

Aji mengatakan hal utama mencegah agar ular tidak masuk ke rumah adalah menjaga kebersihan. Selain itu penting memelihara hewan peliharaan seperti kucing dan anjing itu merupakan poin plus agar hewan melata itu tidak masuk ke rumah.

"Kami mengarahkan sering membersihkan area teras, dan halaman-halaman rumah, karena kalau kita lakukan aktivitas di situ ular nggak akan berani masuk ke dalam kawasan, karena dia akan terganggu," jelas Aji.

Selain itu, garam juga tidak berpengaruh untuk mengusir ular. Menurut Aji, terasa percuma jika rumah ditaburi garam demi menghindari ular. Sebab, ular itu sejatinya tidak takut dengan garam.

"Ular nggak takut garam, karena dia bersisik tebal, kalau garam nggak ngaruh, jadi percuma tebar garam," tegasnya.

Ular, kata Aji, adalah hewan yang paling mampu bertahan hidup dan tidak memiliki ketakutan akan zat kimia. Ada satu hal yang tidak disukai ular, yakni bau menyengat seperti belerang, namun itu juga kalau di ruangan tertutup, kalau di ruang terbuka ular tidak takut akan bau menyengat itu.

Selain itu, jika bertemu ular atau berpapasan dengan ular cobalah gunakan gaya 'stop', apa itu?

"STOP, silent, thinking observe, prepare. Kenapa diam? karena respons ular itu dari gerakan, kalau kita semakin banyak gerakan, ular nya jadi semakin berusaha menyerang. Justru kalau kita diam, ular akan diam lewat santai," pungkasnya.

Diketahui, akhir-akhir ini banyak fenomena penemuan anakan ular di sekitar Jabodetabek. Ular yang ditemukan ada yang masih berbentuk telur dan ada yang sudah menjadi anakan ular. Baru-baru ini ular ditemukan kembali di Citayam dan di Jakarta Barat.

(lif/dtc)

Berita Terkait

Baca Juga