BI Berkomitmen Jadikan Kawasan Ombilin Destinasi Wisata Kelas Dunia

BI Berkomitmen Jadikan Kawasan Ombilin Destinasi Wisata Kelas Dunia Kepala perwakilan Bank Indonesia, Wahyu Purnama A memberikan keterangan kepada wartawan, di Gedung BI Sumbar, Rabu (4/12/2019)(Covesia/Laila)

Covesia.com - Beberapa waktu lalu tambang batubara Ombilin Sawahlunto resmi ditetapkan menjadi warisan dunia oleh UNESCO. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatra Barat, Wahyu Purnama A, mengatakan BI Sumbar berkomitmen menjadikan kawasan tersebut sebagai objek wisata kelas dunia.

"Kita tidak bisa bertahan hanya dengan itu-itu saja, kini Ombilin Sawahlunto sudah berstatus warisan dunia, kita harus jadikan objek wisata tingkat dunia," ungkapnya kepada wartawan di Gedung BI Sumbar, Rabu (4/12/2019).

Wahyu menyebutkan pariwisata memberikan dampak yang positif tak hanya bagi kota tapi juga masyarakat di sekitarnya.

Tak hanya itu, bicara investasi bisa didapatkan dari dalam dan luar.  "Kita mulai dengan membangun UMKM, kita mendidik mereka menjadi investor," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Wahyu pun berpendapat kita bisa membangun investor semakin banyak maka yang di luar akan melirik.

Langkah awal yang dilakukan kita perhatikan kebersihan Ombilin Sawahlunto, melakukan koordinasi, dan sinergi bersama masyarakat setempat.

"Wisata tidak harus wisata alam, sejarah memberikan inspirasi yang luar biasa. Kita arahkan wisatawan kesana, kita bikinkan film seperti AADC, laskar pelangi itu devisa untuk negara kita bila didatangi oleh wisatawan asing," ungkapnya.

Selain melibatkan masyarakat, kita akan berikan pendidikan mengenai wisata kalau wisata berkembang mereka akan terbantu baik dari kuliner, kerajinan songket, dan sebagainya.

Orang nomor satu di Bank Indonesia Sumbar itupun mengatakan setelah dilakukan hal di atas selanjutnya bgaimana promosinya, paket wisatanya. "Namun, itu tidak akan terwujud jika tidak adanya kerjasama berbagai pihak dan dukungan masyarakat," terangnya.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga