Galamai Pandan Hadir Meramaikan Khazanah Kuliner Ranah Minang

Galamai Pandan Hadir Meramaikan Khazanah Kuliner Ranah Minang Foto: Istimewa

Covesia.com - Ranah Minang tersohor di seantaro negeri dengan keindahan, keunikan, dan kelezatan. Dengan geografis yang diapit oleh pantai yang panjang, gunung dan perbukitan berjajar seakan lebih menasbihkan keanerakaragaman serta kelezatan khusunya dalam memanjakan lidah.

Berbagai panganan olahan khas tersaji di bumi rang awak ini. Sebut saja, rendang yang telah dikenal hingga ke mancanegara. Namun tak hanya itu, masih banyak lagi yang tentunya pas di lidah bagi traveling maupun pelancong yang kebetulan sedang berada di wilayah ini, salah satunya adalah Galamai pandan.

Galamai Pandan hadir diantara ratusan oleh-oleh khas tradisional ranah Minang dan meramaikan berbagai macam kuliner di Kota Padang. Hingga mulai di gemari masyarakat dan pelancong yang datang ke Ibu Kota provinsi Sumatera Barat ini. 

Galamai Pandan mempunyai tekstur tersendiri dan berbeda dari makanan lainnya, galamai sendiri identik dengan bentuk yang kenyal, lembut dan berwarna hitam kecoklatan serta sedikit berminyak. 

Jika di pulau jawa orang berpendapat itu adalah dodol atau jenang kudus. Padahal antara galamai dengan dodol sangatlah jauh berbeda baik dari rasa maupun teksturnya. 

Pada galamai, tekstur dan kulitnya lunak, halus, legit dan kenyal, aroma minyak kelapa dan taburan kacang pada galamai membuat makanan ini menjadi makanan sehat lagi menyehatkan. 

Adalah Yeni Azizah, salah satu pengusaha oleh-oleh khas minangkabau. Ia membuat makanan ini menjadi sebuah varian baru dari galamai yang ada dari sebelumnya, dengan aroma dan rasa pandan yang nikmat dengan di beri nama galamai pandan. 

"Dengan adanya varian rasa baru dari galamai ini akan menambah satu pilihan unik lagi, bagi pelancong untuk dibawa sebagai oleh-oleh" terangnya dalam rilis yang diterima covesia, minggu. 

Bahkan Yeni Azizah akan terus berinovasi dan segera membuat galamai dengan varian-varian baru, berbagi macam cita rasa berbeda dari galamai lainya. 

"Untuk proses pembuatan dari galamai ini tidak jauh berbeda dengan galamai pada umumnya" sebut Yeni Azizah. 

Dia mengatakan Galamai pandan mempunyai filosofi yang di ambil dari tumbuhan daun pandan yaitu “menambah cita rasa tanpa merubah rasa”. 

Diketahui pada tumbuhan pandan sendiri terdapat berbagai macam manfaat. 

Bagi masyarakat dan pelancong yang penasaran silahkan dapatkan di toko GALAMAI PANDAN, di jalan Ratulangi nomor 19, Kota Padang serta di jalan Khatib Sulaiman nomor 11 A Padang. Dengan harga yang sangat terjangkau bagi kantong. 

Selain galamai pandan, di toko itu juga tersedia berbagai makanan oleh-oleh tradisional dan makanan khas minangkabau lainya antara lain kue bawang, kue sapik, kacang tojin, kripik balado, dan banyak lagi makanan khas Minang lainya. 

Bahkan jika ingin bertukar selera makan, di toko itu juga tersedia nasi dengan samba buruak buruak dan lado hijau yang menggugah selera.

(rls/adi)

Berita Terkait

Baca Juga