Marawa Datangkan Ribuan Wisatawan China ke Padang Awal 2020

Marawa Datangkan Ribuan Wisatawan China ke Padang Awal 2020 Wakil Walikota Padang Hendri Septa saat menyambut kedatangan perwakilan biro pariwisata asal China pada Selasa (6/11/2019) malam (Ist)

Covesia.com - Awal 2020 Marawa Datangkan Ribuan Wisatawan Cina ke Padang Perusahaan investasi Marawa menggandeng biro perjalanan Cocos Tour Indonesia dan Citilink untuk mendatangkan ribuan wisatawan asal Cina khusus dari daerah Kunming dan Nanning ke Kota Padang. 

Rencananya, ribuan turis ini akan diterbangkan langsung Cina-Padang menggunakan pesawat Citilink pada pertengahan Januari 2020. Mereka diberangkatkan dengan beberapa kali penerbangan. 

Hal itu disampaikan dua direksi PT Marawa, Bhenz Maharajo dan Yunando Duhelmon saat menggelar pertemuan dengan Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa, Selasa malam (5/11/2019). 

Pertemuan itu juga dihadiri beberapa Lentono perwakilan Cocos Tour Indonesia, beberapa orang pejabat dari Pemko Padang dan perwakilan biro perjalanan dari Cina.  

Yunando menjelaskan, Cocos Tour Indonesia telah berhasil meningkatkan pendapatan Lombok dengan menggarap market Cina. Keberhasilan itu juga akan ditoreh di Sumbar nantinya. 

"Itu alasan kami untuk bekerja sama dengan Cocos Tour Indonesia. Kemudian dibawah binaan Doni Oskaria, Marawa ingin memberikan kontribusi terhadap Sumatera Barat terutama dibidang pariwisata," ujarnya. 

Dilanjutkannya, karakteristik wisatawan Cina yang hobi wisata bahari dan berbelanja menjadi peluang besar bagi daerah dalam menuntut perekonomian masyarakat. 

"Ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat, karena turis dari Cina ini suka berbelanja," bebernya. 

Dijelaskan Bhenz, mulai diliriknya Sumbar oleh wisman China harus dibarengi dengan kinerja serius pemerintah daerah. Pemerintah sudah harus mulai menggunakan pendekatan ekosistem dan makro ekonomi pariwisata untuk setiap destinasi unggulan yang ingin dikedepankan.

"Pembenahan destinasi, mulai dengan melengkapi kebutuhan 3 A di kawasan destinasi, menyiapkan aksi intervensi, menentukan pengelola, menyesuaikan tipe pengembangan destinasi dengan nature of destination-nya, mutlak harus dilakukan," ujar Bhenz.

Sementara itu, Pimpinan Coco's Tour Indonesia, Lentono menyebutkan, tahap awal sebanyak 174 wisatawan akan diterbangkan dari Cina pada pertengahan januari 2020 menggunakan Citilink. Wisatawan akan diajak berwisata di Kota Padang selama enam hari lima malam. 

"Sesuai dengan karakteristik wisatawan Cina lebih suka pantai, maka akan kami bawa ke pulau-pulau yang ada di Padang," ujarnya.

Kedepan, lanjutnya, tidak hanya wisatawan dari daerah Kunming yang akan dibawa ke Padang. Turis dari daerah lain di Cina juga akan dibawa ke Padang. "Kami juga tengah mempersiapkan promo besar-besaran untuk pertengahan tahun 2020," terangnya. 

Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan terhadap para wisatawan, Wakil Wali Kota Hendri Septa menyatakan akan menyiapkan fasilitas serta mempermudah akses para turis yang akan dibawa tiga biro perjalanan tersebut. 

Pemerintah Kota akan berkoordinasi dengan berbagai pihak agar ribuan turis tersebut lancar sampai di Kota Padang. 

"Kami akan siap membantu agar akses tamu-tamu kita ini mudah. Dari cerita mereka, sering terkendala di Imigrasi, kami akan bicarakan dengan pihak Imigrasi Padang nantinya," ujar Hendri Septa.

Menurutnya, gebrakan dari kerjasama tiga biro perjalanan itu akan berdampak positif pada pariwisata  serta mampu meningkatkan perekonomian Kota Padang kedepan. 

"Untuk itu saya menghimbau kepada masyarakat, mari kita menjadi tuan rumah yang baik, berpikir positif untuk kemajuan pariwisata dan memberikan pelayanan yang baik kepada wisatawan sesuai visi misi Walikota Padang mewujudkan masyarakat yang madani berbasiskan pariwisata," tukasnya.

(dnq)

Berita Terkait

Baca Juga