Candi Padang Roco, Situs Purbakala yang Ramai Dikunjungi Akhir Pekan

Candi Padang Roco Situs Purbakala yang Ramai Dikunjungi Akhir Pekan Komplek situs cagar budaya Candi Padang Roco merupakan situs purbakala yang ada di Dharmasraya ( Foto: covesia/ Laila)

Covesia.com - Candi Padang Roco merupakan situs purbakala yang terletak di Jorong Padang Roco Nagari Siguntur kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya.

Juru Pelihara candi, Alif Yardi (30) mengatakan bahwa ada 4 Candi Padang Roco, namun yang baru dipugar ada 3 candi.

"Candi Padang Roco I memiliki ketinggian 118 meter dari permukaan laut. Candi bagian atas berupa peliput sisi genta atau pelipit Padma," ungkapnya kepada Covesia, Minggu (27/10/2019).

Candi Padang Roco II memiliki ketinggian 113 meter dari permukaan laut. Di keempat sisinya terdapat tangga yang lebarnya 3,55 m.

Candi Padang Roco III memiliki ketinggian 123 m dari permukaan laut. Berbentuk persegi panjang, bagian tengah dari ruang ini kosong.

Alif mengatakan bahwa candi yang dipugar baru 3. "Dimulai semenjak tahun 1990-an dan selesai tahun 2004," jelasnya.


Lebih lanjut ia mengatakan candi biasanya ramai dikunjungi ketika hari Sabtu dan Minggu. "Kebanyakan yang datang adalah pelajar dari siswa TK sampai anak kuliahan," ujarnya.

"Pengunjung tidak dipungut biaya apapun, baik uang masuk ataupun parkir," terangnya.

Ia mengimbau pada pengunjung untuk mematuhi peraturan yang telah dibuat seperti tidak membawa motor ke area candi, membuang sampah pada tempatnya, dan tidak menginjak bata candi.

Ia berharap Candi Padang Roco ini terus berkembang dan semakin banyak didatangi oleh wisatawan. "Tidak hanya sekadar berselfie tapi juga belajar sejarah," tutupnya.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga