Walikota Pariaman Pastikan Menteri Hadiri Pesona 'Hoyak Tabuik'

Walikota Pariaman Pastikan Menteri Hadiri Pesona Hoyak Tabuik Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang saat akan dibuang ke Laut, Minggu (23/9/2018)(Foto: Covesia)

Covesia.com - Dalam acara puncak perayaan Pesona Hoyak Tabuik, pada Minggu (15/9/2019) nanti, Walikota Pariaman pastikan Menteri Tenaga Kerja dan Tranmigrasi, datang menghadiri acara tersebut.

"Insyaallah pak Menteri Muhammad Hanif Dakhiri datang, saya sudah dikonfirmasi, ia siap untuk datang," ucap Walikota Pariaman, Genius Umar, Kamis (12/9/2019).

Lanjut Genius, Sabtu (14/9/2019) sebelum hari puncak tabuik tersebut, rencana ia dan menteri akan berkeliling menggunakan sepedamelihat wisata Kota Pariaman.

Genius juga menjelaskan, untuk tabuik ini, pihaknya sudah mengusulkan agar bisa menjadi warisan dunia (World Heritage), dan dikelola oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation (UNESCO).

"Karena tabuik Pariaman ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu, dan dirayakan setiap tahunnya. Bahkan sampai sekarang ini masih dilestarikan budayanya di Kota Pariaman," sebut Genius.

Dikatakan Genius, untuk mengusulkan itu, pihaknya sekarang sedang melengkapi dan mempersiapkan berkas dan dokumennya.

"Kemaren Wakil Walikota Bengkulu berkunjung ke Pariaman, kami sudah berbincang - bincang. Kebetulan Bengkulu juga melakukan perayaan tabuik, maka kami berencana akan sama-sama mengusulkan agar tabuik menjadi warisan dunia," kata Genius.

Kontributor Pariaman: Peri Musliadi

Berita Terkait

Baca Juga