Pemko Segera Patenkan Sala Sebagai Makanan Khas Pariaman

Pemko Segera Patenkan Sala Sebagai Makanan Khas Pariaman Foto: Peri Musliadi

Covesia.com - Dalam waktu dekat, Pemerintah Kota Pariaman akan mematenkan (Branded) sala sebagai makanan khas Pariaman. 

"Secepatnya kami akan patenkan sala untuk menjadi makanan kas Pariaman, agar tidak diambil oleh daerah lain," ucap Walikota Pariaman, Genius Umar saat membuka festival sala dalam rangka Pariaman Expo di Pantai Gandoriah, Rabu (10/7/2019).

Genius menyebutkan, dengan membrandingkan sala ini, sehingga kedepannya sala bisa mendunia. Tentu untuk menjadikan hal demikian ada hal yang perlu dilakukan, seperti dengan tetap menjaga sala itu higenis dan cara pengemasannya sehingga bisa tahan lebih lama.

"Nanti bagaimana sala ini bisa dijual diberbagai daerah dengan waktu yang lama atau lebih tahan lama. Sekarang mungkin dalam waktu beberapa jam saja sudah berubah rasa dan bentuknya," sebut Genius.

Lanjut Genius, hendaknya sala bisa seperti dodol garut atau seperti mpek-mpek Palembang, yang saat ini sudah bisa dinikmati oleh orang dimana saja dengan paket atau kemasan yang telah dibuat tahan lama.

Dikatakan Genius, dengan mematenkan Sala dan membuatnya mendunia, bertujuan agar pelaku usaha bisa meningkatkan penjualannya.

"Pada festival sala ini juga banyak varian yang dimunculkan oleh para peserta, nanti beberapa varian tersebut akan dibakukan oleh Pemerintahan Kota Pariaman. Untuk pemasaranya, kami akan melakukan pameran sala lauak tersebut di berbagai Kota di Indonesia," jelas Genius.

Kontributor Pariaman: Peri Musliadi

Berita Terkait

Baca Juga