Punya Rencana Liburan ke Pulau di Akhir Pekan ini? Intip Yuks Tipsnya

Punya Rencana Liburan ke Pulau di Akhir Pekan ini Intip Yuks Tipsnya ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Bagi anda yang berencana liburan di akhir pekan ini, sudahkah menyiapkan perlengkapan yang bakal dibawa nanti? Banyak tempat yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan liburan anda.

Selain wisata sejarah, wisata ke pulau memiliki daya tarik tersendiri. Kenapa tidak, menghabiskan akhir pekan di sebuah pulau dapat merehatkan tubuh dari aktifitas yang mungkin menjenuhkan.

Berikut covesia.com rangkum dari berbagai sumber apa-apa saja yang mesti disiapkan sebelum berlibur ke pulau.

1.Cek harga tiket, penginapan, jam operasional transportasi umum

Liburan ke pulau memang menjadi pilihan banyak orang. Namun banyak juga yang gegabah hingga harus membayar mahal. Supaya tidak terjebak pada hal yang demikian, perlu cek terlebih dahulu mulai dari harga tiket, penginapan sampai jam operasional transportasi umum. Itu sangat membantu untuk tidak menjadi korban penipuan. 

2. Buat anggaran rencana perjalanan

Bila sudah menentukan ingin berwisata ke pulau, jangan lupa merencanakan secara seksama tujuan perjalanan. Hingga di pulau tak bengong dan hanya berenang saja. Cari tau apa kelebihan dari pulau yang dituju.

3. Belajar teknik packing

Ini hal yang harus diketahui oleh pendaki, wisatawan yang mau menginap di pulau, atau siapapun yang ingin berkemah. Teknik packing adalah cara menyusun barang bawaan hingga tak menyulitkan. Letakkan barang yang jarang digunakan di bagian bawah seperti baju ganti, di bagian atas taruhlah yang akan sering digunakan saat perjalanan.

4. Lindungi file atau benda penting

Ke pulau artinya anda akan melewati lautan, jangan lupa lindungi alat-alat berharga seperti uang kertas atau sesuatu yang tidak boleh basah, ponsel misalnya. Jangan sampai niat ke pulau tapi mengorbankan benda-benda penting yang anda miliki.

5. Pakaian ganti

Kurang lengkap rasanya bila ke pulau tak menyempatkan diri untuk berenang. Oleh sebab itu yang ingin berlibur ke pulau harus membawa baju ganti secukupnya lengkap dengan handuk dan peralatan mandi. Nah, bila kamu punya, tidak salah bila ingin membawa perlengkapan snorkling.

6. Kotak P3K

Kita tak pernah tau apa yang akan terjadi, makanya sedia payung sebelum hujan. Ketika berlibur ke pulau bawalah kotak P3K dan obat yang dibutuhkan. 

7. Logistik (makanan dan minuman)

Liburan ke pulau dalam beberapa waktu harus menyediakan makanan dan minuman. Apalagi ke pulau yang tak berpenghuni. Jangan sampai kelaparan di pulau tersebut. Namun tujuan lain menyediakan makanan dan minuman adalah untuk menghemat pengeluaran.

Cukup beli makanan ringan sehat dan bergizi usahakan yang mengenyangkan. Supaya liburan di pulau menyenangkan tak kelaparan. Satu lagi jangan lupa banyak konsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga