Ekonom: Sumbar Miliki Potensi Pariwisata yang Luar Biasa, Sayangnya Belum Tersentuh

Ekonom Sumbar Miliki Potensi Pariwisata yang Luar Biasa  Sayangnya Belum Tersentuh Syafruddin Karimi

Covesia.com - Pakar ekonomi Universitas Andalas (Unand)  Syafruddin Karimi menilai bahwa sektor pariwisata di Sumbar memiliki potensi yang luar biasa untuk membangun pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Namun Syafruddin menyayangkan, potensi yang besar tersebut hingga saat ini belum terkelola dengan baik atau belum tersentuh dengan strategi pembangunan.

“Potensi besar itu sayangnya belum disentuh dengan strategi pembangunan yang membuatnya tampil atraktif (mempunyai daya tarik). Malah nampaknya dibiarkan apa adanya,” ungkap syafruddin kepada Covesia.com Senin (1/7/2019).

Syafruddin mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar memiliki peran penting untuk sektor pariwisata ini. Tugas utamanya yakni membuat strategi pembangunan pariwisata secara komprehensif mulai dari hulu hingga hilir, sehingga terkoneksi dengan pembangunan non pariwisata.

Lebih lanjut syafruddin menjelaskan bahwa pariwisata adalah composite product yang meliputi seluruh sektor ekonomi. Mulai dari destinasi, akomodasi, kuliner, oleh-oleh, jalan, toilet yang bersih hingga pada sikap masyarakat yang mendukung bisnis sehat dan kompetitif.

“Pada akhirnya pemerintah daerah ikut serta memberi perlindungan usaha dan jaminan keamanan sesuai dengan rencana strategis pengembangan,” tutupnya.

Kontributor: Laila Marni

Berita Terkait

Baca Juga