Meriahkan FPM 2019, Disparpora Mentawai Gelar Lomba Perahu Layar

Meriahkan FPM 2019 Disparpora Mentawai Gelar Lomba Perahu Layar Ilustrasi - pxhere

Covesia.com - Lomba perahu layar tradisional (abag) menghiasi perhelatan Festival Pesona Mentawai 2019 di pantai Jati desa Tuapejat, kecamatan Sipora utara. 

Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet menyatakan bahwa abag  merupakan ikon dan produk wisata bahari khas Mentawai.

"Lomba perahu layar tradisional ini sebagai upaya pemerintah melestarikan peradaban Suku Mentawai," ujar Yudas Sabaggalet saat membuka lomba perahu layar tradisional di pantai Jati, Sabtu (29/06). 

Diketahui wisata bahari satu ini baru kali kedua diselenggarakan setelah pada hari ulang tahun Kepulauan Mentawai 2018 lalu. 

Abag menjadi alat transportasi dan juga sarana meningkatkan perekonomian masyarakat Mentawai yang digunakan sejak dahulu oleh nenek moyang. 

Yudas menjelaskan bahwa sebagai warisan nenek moyang, abag ini memiliki nilai-nilai kehidupan yang dikandungnya, mulai dari proses pembuatannya yang mengacu pada nilai-nilai kebudayaan serta religius. 

Lomba perahu layar kali ini diikuti oleh 8 pasang putri, dan 16 pasang putra dari khalayak umum. 

Yudas berharap kaum milenial dan masyarakat dapat mewarisi semangat bahari nenek moyang suku Mentawai sebagai pelaut yang terkenal ulung, tangguh, dan pantang menyerah dalam kehidupannya. 

Kontributor: Kornelia Septin Rahayu

Berita Terkait

Baca Juga