TMSBK Bukittinggi Tambah Koleksi Satwa Gajah Betina

TMSBK Bukittinggi Tambah Koleksi Satwa Gajah Betina Ilustrasi Gajah (Foto: Ist)

Covesia.com - Seekor gajah betina menjadi penghuni baru di Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK) Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar).

Gajah betina yang diberi nama Lia itu di datangkan dari Taman Satwa atau Kebun Binatang Kandi di Sawahlunto dengan sistem barter satwa Harimau koleksi TMSBK Bukittinggi.

"Proses barter satwa ini telah melalui izin dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat, sehingga koleksi satwa di TMSBK Bukittinggi menjadi dua, satu jantan bernama Zidan dan satu betina yang didatangkan dari Sawahlunto bernama Lia," jelas Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, Jumat (14/6/2019).

Sebelumnya seekor gajah betina koleksi TMSBK Bukittinggi bernama Bita mati pada 26 September 2017 lalu karena mengalami sakit selama tiga bulan, dan dikuburkan di kandangnya.

Setelah kematian Bita, selama 2 tahun lebih pemerintah kota Bukittinggi berupaya melakukan penambahan satwa gajah dengan sistem barter dengan kota Sawahlunto agar gajah jantan Zidan memiliki kawan.

Ramlan Nurmatias menyebutkan untuk proses barter gajah betina itu, TMSBK Bukittinggi menukarkan dua ekor koleksi satwa Harimau Sumatera.

"Kita berharap dengan adanya satwa baru TMSBK Bukittinggi ini diharapkan dapat menarik wisatawan untuk berkunjung, apalagi saat ini koleksi satwa TMSBK mencapai 500 ekor lebih," ujarnya.

(deb/don)


Berita Terkait

Baca Juga