Pical dan Anyang Pucuak Kalikih, Kuliner Paling Laris Manis di Pasar Ramadhan Agam

Pical dan Anyang Pucuak Kalikih Kuliner Paling Laris Manis di Pasar Ramadhan Agam Foto: Johan Utoyo

Covesia.com - kuliner Anyang Pucuak Kalikih (Buah Pepaya) dan Pical (Pecal) adalah makanan paling laris selama puasa Ramadhan 1440 Hijriyah di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar)

Salah seorang pedagang kuliner dipasar pabukoan Kecamatan Lubuk Basung, Reni (33) mengatakan, dua kuliner jenis sayuran ini selalu diserbu masyarakat setiap sorenya dan kerap lebih dulu habis dari makanan lainnya.

"Anyang Pucuak Kalikih dan Pical paling digemari, ini paling cepat habis dan jarang yang berlebih," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com Sabtu (18/5/2019).

Reni mengakui, dalam sehari ia bisa menjual 30 hingga 40 porsi, untuk Anyang Pucuak Kalikih satu porsi sudah dibungkus menggunakan plastik dan dijual dengan harga Rp10ribu sedangkan Pical dibuat sesuai pesanan pelanggan. "Biasanya pelanggan juga memesan Rp10ribu," jelasnya.

Menurutnya, alasan masyarakat menyukai 2 kuliner itu karena berbahan dasar sayuran, namun tersaji tidak berkuah, makan sayur saat puasa sangat bagus untuk tubuh tetap sehat dan bugar sehingga terus dapat menjalankan aktivitas seperti biasa secara maksimal.

"Sayuran kan memiliki banyak serat dan  mudah dicerna sehingga jika dikonsumsi rutin pada saat bulan puasa bisa membuat tubuh tetap sehat," terangnya.

Sementara itu salah seorang pengunjung di pasar pabukoan, Eli (45) membenarkan hal tersebut, ia mengaku anak-anaknya sangat suka sekali makan pecal karena ada  saus kacang pedasnya sehingga bjsa menggugah selera dan menambah nafsu makan.

"Anak saya tidak suka makan sayur, tapi suka makan pical biasanya saya memesan tidak terlalu pedas," terangnya.

(han/adi)

Berita Terkait

Baca Juga