Festival Pesona Mentawai Kembali Digelar Juni Mendatang

Festival Pesona Mentawai Kembali Digelar Juni Mendatang Sumber: pesona.travel

Covesia.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga akan menggelar kembali Festival Pesona Mentawai untuk ke empat kalinya pada 28 Juni - 1 Juli mendatang. 

Kali ini lokasinya di sekitar homestay Mapaddegat desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara. 

"Festival tahunan ini kita adakan untuk mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat dan meningkatkan kunjungan wisatawan lokal, nusantara, maupun mancanegara," tutur Matheus Samalinggai Kepala Bidang Pemasaran Disparpora Mentawai kepada Covesia di ruang kerjanya, Selasa (7/5/2019). 

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa penetapan Festival Pesona Mentawai (FPM)  di Tuapejat karena pertimbangan letak geografis daerah yang lebih strategis dan dukungan anggaran yang tersedia.

"Wisatawan lokal banyak yang datang ke Tuapejat. Selain itu akses transportasi sangat mudah melalui kapal antar pulau maupun kapal dari Padang," imbuhnya. 

Target wisawatan yang berkunjung ke Mentawai pada iven tahunan ini ia katakan sekitar 20.000 orang. 

"Bulan Juni biasanya kunjungan wisatawan mancanegara ramai, pas kondisi ombak besar seperti di Simakakang atau Awera," ujarnya. 

Saat ini untuk mensukseskan pagelaran FPM, OPD / instansi terkait tengah memburu kesiapan pembuatan jembatan, instalasi listrik, air, dan fasilitas pendukung lainnya di sekitar homestay Mapaddegat.

"Mudah-mudahan akhir Mei sudah selesai," katanya.

Promosi agenda Festival ini, Matheus katakan, bekerja sama dengan agent travel, media, website, dan menyurati setiap kecamatan dan OPD," ungkapnya. 

Adapun kegiatan yang diselenggarakan nantinya yaitu 8 kegiatan non perlombaan yang diantaranya, teater rakyat (kali pertama), pawai budaya, peragaan busana Mentawai, tari massal kreasi Mentawai, turuk laggai, jelajah hutan Mangrove dan snorkeling (kali pertama), atraksi tato, pameran. 

Kemudian 9 kegiatan perlombaan diantaranya, perlombaan panahan kategori SD dan umum, lomba photo event, lomba turuk laggai kategori SD, SMP, SMA, mahasiswa, lomba miniatur uma, selaju sampan, lomba lagu Mentawai kategori anak-anak, remaja/dewasa, lomba foto selfie, lomba karya tulis, dan lomba perahu layar tradisional. 

(Kornelia Septin Rahayu) 

Berita Terkait

Baca Juga