Pariwisata Goes to School, Ajak Pelajar Kembangkan Wisata di Sumbar

Pariwisata Goes to School Ajak Pelajar Kembangkan Wisata di Sumbar Foto: Debi Kurnia

Covesia.com - Melalui Pariwisata Goes to School, Dinas Pariwisata Provinsi, Sumatera Barat (Sumbar) mengajak para pelajar untuk ikut berpartisipasi dalam mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Sumbar.

Hal demikian disampaikan Kepala dinas pariwisata Provinsi Sumatera Barat Oni Yulfian di Bukittinggi, Senin (29/4/2019) dalam acara pelatihan dasar SDM kepariwisataan dengan tema Pariwisata Goes to School (GTS).

Oni Yulfian menjelaskan pelajar merupakan kader dan agen pembaharuan dalam pengembangan pariwisata Indonesia yang mempunyai energi positif untuk pengembangan pariwisata dan melalui GTS ini bertujuan agar pelajar dapat melahirkan terobosan baru untuk membangun dunia pariwisata.

"Pelajar sebagai multi disiplin, multi dimensi dan multi ilmu serta memiliki cara pandang sehingga pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas sember daya manusia kepariwisataan agar berguna untuk masyarakat," ungkapnya.

Pariwisata goes to school selain meningkatkan SDM para pelajar juga berusaha meningkatkan efensiensi produksi, daya saing nasional, persaingan usaha yang sehat dan transparan dalam perdagangan, kepastian usaha dab kenampuan pelaku usaha, kemampuan inovasi teknologi serta dapat meningkatkan mutu suatu usaha patiwisata di Sumatera Barat.

"Ini momen yang tepat bagi pelajar untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan pariwisata agar berguna untuk menunjang pengembangan pariwisata di Sumbar seiring dengan kemajuan SDM di bidang kepariwisataan," ujarnya.

Ia menerangkan pelajar harus berpikir rasional untuk memahami konsep pembangunan pariwisata. Ada 3 syarat untuk menjadi maju di era sekarang yakni kuasai bahasa asing, kedua kuasai IT digital dan ketiga kuasai leadership.

Selain membuka peluang kerja dan kesempatan untuk berusaha maka pelatihan dasar SDM kepariwisataan ini sangat tepat bahkan besar manfaatnya guna menunjang peningkatan sumberdaya manusia di sektor kepariwisataan di Sumbar.

"Pemerintah Sumbar tentunya ingin mewujudkan daerah kunjungan wisata yang kebih baik dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan memahami arti pentingnya pelayanan prima yang diberikan oleh pelajar kepada wisatawan, sehingga wisatawan yamg berkunjung ke ranah minang merasa senang dan nyaman selama berada di destinasi dan kawasan objek wisata," paparnya.

Ia berharap melalui GTS diharapkan dapat meni gkatkan kompetensi SDM kepariwisataan Sumatera Barat serta dapat meningkatkan sumberdaya manusia yang handal dan profesional didalam memberikan pelayanan prima kepada pariwisata.

(deb)

Berita Terkait

Baca Juga