Banyak Sapi Berkeliaran, Pengunjung Objek Wisata di Pantai Batu Kalang-Pessel Resah

Banyak Sapi Berkeliaran Pengunjung Objek Wisata di Pantai Batu KalangPessel Resah Tampak Sapi-sapi yang berkeliaran di Objek Wisata Pantai Batu Kalang-Pessel yang resahkan pengunjung, Jumat (15/2/2019)(Foto: Istimewa)

Covesia.com - Pengunjung objek wisata di Kawasan Pantai Batu Kalang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) diresahkan dengan penampakan yang tidak sedap, karna berkeliarannya sapi-sapi warga di kawasan wisata tersebut.

Padahal, wisata Pantai Kalang di Tarusan ini cukup diminati para penikmat wisata bahari. Dengan keindahan pantai dan jejeran batang pinus yang tersusun rapi di kawasan tersebut. Serta kawasan itu juga masuk dalam Rencana Induk Pengembangan Wisata Daerah (Ripparda) atau masuk dalam kawasan wisata ekslusif.

"Keberadaan sapi-sapi yang berkeliaran ini cukup mengganggu. Selain merusak pemandangan wisata, parahnya lagi, sapi-sapi yang berkeliaran juga mengeluarkan kotoran di lokasi itu," ungkap salah seorang wisatawan asal Jambi, Hamdi (36) pada Covesia.com, Jumat (15/2/2019).

Bukan hanya pengunjung, hal yang sama juga dirasakan oleh salah seorang pedagang di kawasan wisata itu mengatakan, Sapi-sapi itu terlihat setiap hari berkeliaran mencari makan di kawasan ini.

"Selain memcari makan, sapi-sapi juga merusak tempat pembuangan sampah yang berada di kawasan wisata ini," katanya.

Menurutnya, sejauh ini belum ada tindakan dari pihak Pemerintah setempat. Untuk menertibkan persoalan Sapi-sapi yang berkeliaran di kawasan wisata itu.

"Untuk itu, kami berharap Pemerintah lebih perhatian lagi terhadap lingkungan dan menjaga keindahan kawasan-kawasan wisata di daerah kita. Selain itu, seharusnya pemda juga memberikan teguran pada pemilik-pemilik sapi yang membiarkan sapinya berkeliaran di tempat umum," ujarnya.

Berdasarkan informasi dari pedang setempat, objek wisata Pantau Batu Kalang, seringkali menjadi tempat sapi mencari makanan, bahkan membuang kotoran, sehingga menimbulkan keresahan bagi pengunjung dan pedagang. 

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pessel, Hadi Susilo menanggapi, pihaknya bakal melakukan koordinasi dengan pihak-pihak yang terlibat dalam hal ini seperti Satpol-PP. 

"Kebetulan kita akan mengadakan rapat dengan Satpol-PP membahas tentang ini. Hal-hal tersebut akan menjadi pembahasan kami bersama, mudah-mudahan segera ada solusinya," singkatnya.

Kontributor Pessel: Indrayen Putra

Berita Terkait

Baca Juga