Sokuih, Makanan Unik Pengganti Nasi Dari Mapattunggul Selatan

Sokuih Makanan Unik Pengganti Nasi Dari Mapattunggul Selatan Inilah makanan Sokuih dari Mapattunggul Selatan Kabupaten Pasaman, Sumbar yang bisa pengganti nasi, saat ini sedang digalakkan pemerintah setempat. (foto yulisman/Covesia)

Covesia.com - Sokuih, itulah salah satu makanan yang kini digalakkan di Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sebagai pengganti nasi. Nama sokuih ini sering disebut oleh masyarakat Kecamatan Mapattunggul Selatan, Pasaman karena lahan tanaman tersebut banyak didapat di kemacatan tersebut.

Nah!, tentu anda ingin tau apa itu sokuih. Sokuih sama dengan shorgum atau gandum. Tanaman ini banyak dijumpai di Kecamatan Mapattunggul Selatan. Saat ini, pemerintah setempat sedang menggalakkannya sebagai pengganti nasi.

Ketua PKK Kecamatan Mapattunggul Selatan, Pasaman, dr. Monalisa ketika berbincang dengan covesia.com, Minggu (25/1) mengatakan tanaman sokuih saat ini dijadikan sebagai pengganti makanan pokok bagi masyarakat setempat.

Makan ini bisa juga diolah menjadi berbagai macam makanan pengganti nasi, seperti lontong, bisa dijadikan bubur dan jenis makanan lainnya. "Saat ini, kita sedang menggalakkan makanan itu sebagai sumber pangan non beras," sebut Kepala Puskesmas Silayang ini.

Cara mengolah sokuih menjadi berbagai macam makanan sama dengan mengolah bahan yang lainya, seperti ubi-ubian dan jagung. Jika ingin membuat nasi sokuih, dimulai dari mencucisokuihdengan bersih seperti mencuci beras (bisa dicampur dengan jagung atau ubi yg sudah dihaluskan-red). Lalu, masukkan ke dalam wadah ditambah sedikit air dan garam secukupnya. Setelah itu, dimasak menggunakan api kecil. Kalau sudah matang, silahkan disantap dengan sambal atau gulai jenis apapun..!!

(man/zik)

Berita Terkait

Baca Juga