Nyam! Ini Dia Resep Ayam Geprek Sambal Bawang Super Pedas yang Bikin Ketagihan

Nyam Ini Dia Resep Ayam Geprek Sambal Bawang Super Pedas yang Bikin Ketagihan ilustrasi ayam geprek sambal bawang (foto: cookpad)

Covesia.com - Siapa yang doyan banget makan pedas? Bagi yang suka makan ayam geprek di warung lalapan, pasti tak asing lagi dengan sambal bawang yang rasa pedasnya bikin ketagihan.

Penasaran ingin coba bikin sambal bawang ala-ala ayam geprak yang dijual di berbagai warung lalapan? Ternyata cara bikinnya sangat mudah dengan bumbu yang sederhana. Disadur covesia.com dari cookpad, berikut resep sambal bawang yang bisa anda coba bikin sendiri di rumah.

Bahan:

  • Daging ayam filet
  • Air es
  • Tepung bumbu serba guna

Bahan Sambal:

  • 4 siung bawang putih
  • garam dan gula secukupnya
  • 5 buah cabai rawit
  • 5 buah cabai merah keriting
  • minyak goreng panas

Cara membuat ayam goreng tepung:

  1. Cuci bersih ayam sampai anda memastikan tidak ada bulu tersisa pada kulit ayam. Setelahnya, potong ayam sesuai dengan selera dan ukuran yang anda inginkan.
  2. Kemudian bagi tepung serba guna instan yang sudah anda siapkan menjadi 2 bagian. Yakni untuk tepung yang basah dan tepung yang kering. Untuk tepung yang basah silahkan campur dengan air dingin dan aduk sampai larut.
  3. Selanjutnya kita kembali ke ayam, silahkan baluti ayam dengan tepung basah secara merata sampai bagian ayam terselimuti tepung.
  4. Kemudian gulingkan diatas tepung yang kering dan goreng dalam minyak panas sampai matang dan krispi.
  5. Angkat ayam dan sisihkan sementara sampai minyaknya meniris.

Cara membuat ayam geprek sambal bawang:

  1. Siapkan ulekan dan haluskan bawang putih bersama dengan cabe merah keriting, dan juga cabai rawit. Lalu tambahkan bumbu seperti garam dan gula.
  2. Tambahkan pula penyedap bila anda suka, lalu siram dengan minyak panas bekas penggorengan ayam.
  3. Masukkan ayam goreng dalam cobek dan geprek sampai ayam sedikit hancur. Lalu tekan-tekan dengan ulekan hingga sambal meresap kedalamnya.
  4. Kini sajian ayam geprek sambal bawang sudah selesai, anda dapat menyajikannya diatas piring saji. Sebagai tambahan atau garnish anda dapat memberikan siraman sambal diatas ayam dan berikan taburan bawang goreng.

Selamat mencoba.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga