6 Tips Bikin Gulai Daun Singkong Rasa Maknyos

6 Tips Bikin Gulai Daun Singkong Rasa Maknyos Gulai daun singkong (foto: Resepkoki.id)

Covesia.com - Gulai merupakan salah satu jenis masakan khas Indonesia. Biasanya gulai dibuat dengan bahan utama hewani seperti kambing, ayam, dan ikan.Namun ada juga yang populer dari nabati yaitu gulai singkong.

Tekstur gulai daun singkong cukup lembut, tidak alot, berpadu dengan gurihnya santan jadi semakin nikmat. Ikuti cara membuat gulai daun singkong berikut ini disadur covesia.com dari laman resepkoki.id:

1. Pilih daun singkong muda

Untuk membuat gulai daun singkong, alangkah baiknya untuk memilih daun singkong yang masih muda. Daun singkong muda lebih cepat empuk saat dimasak, teksturnya juga lebuh lembut. Daun ini juga memiliki rasa yang lezat dan menggugah selera.

Setelah memilih daun singkong muda terbaik, buang batangnya, gunakan saja bagian daunnya. Kemudian cuci sampai bersih di bawah air mengalir.

2. Rebus saat air sudah mendidih

Setelah mencuci bersih daun singkong, anda bisa langsung merebusnya. Pastikan air untuk merebus sudah mendidih terlebih dahulu. Setelah air mendidih baru masukan daun singkong. Air yang mendidih akan membuat daun singkong cepat empuk, dan warnanya tetap hijau segar.

3. Tambahkan garam saat perebusan

Setelah memasukan daun pepaya dalam air untuk merebus, tambahkan juga sedikit garam. Garam akan menaikan titik didih sehingga proses perebusan daun singkong menjadi lebih cepat, warnanya tetap segar, dan lebih cepat empuk.

Pada dasarnya metode ini sama dengan merebus pada air yang telah panas, hanya saja titik didih akan menjadi lebih tinggi lagi. Selain itu, garam juga membantu mengurangi rasa pahit yang mungkin masih sedikit ada pada daun singkong.

4. Rebus dalam keadaan terbuka

Mungkin anda sudah merebus dalam air yang telah mendidih, juga menggunakan garam. Namun, jika menutup panci untuk merebus maka warna hijau segar daun singkong akan memudar.

Jika anda berpikir panci perlu ditutup supaya daun cepat matang, justru menutup panci akan membuat daun singkong berubah kehitaman, lho. Hal itu karena asam dari hasil perebusan tidak bisa keluar. Selalu buka panci anda baik saat perebusan pertama, juga saat proses memasak dengan bumbu dan santan selanjutnya, ya.

5. Bakar kunyit untuk menghilangkan getir

Untuk membuat kuah gulainya, pertama anda harus menumis bumbu halus yang terdiri darii bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, dan kunyit. Namun sebelum menghaluskan dan menumis bumbu halus, kunyit perlu dibakar untuk menghilangkan rasa getirnya. Kunyit dalam gulai berfungsi sebagai pemberi warna kuning sekaligus penyedap alami.

6. Gunakan santan dengan kekentalan sedang

Gunakan santan dengan kekentalan sedang, yaitu perbandingan antara kelapa dan air adalah 1 : 2-3. Artinya, kalau kelapanya punya berat 400 gram, kelapa parut perlu diperas dengan air kisaran 800-1000 ml.

Itulah cara membuat gulai daun singkong yang lezat dan praktis. Mudah kan cara membuatnya? Yuk coba resepnya juga di rumah.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga