Cegah Pisau Agar Tak Mudah Tumpul dengan 4 Tips Berikut ini

Cegah Pisau Agar Tak Mudah Tumpul dengan 4 Tips Berikut ini ilustrasi foto: Pixabay

Covesia.com - Dalam urusan masak memasak, pisau memiliki peran yang sangat penting. Seperti mengupas, memotong, mencincang, dan mengiris berbagai bumbu serta bahan makanan. Terbayang kan betapa seringnya pisau ini digunakan dan bekerja.

Sayangnya, semakin sering digunakan, pisau akan semakin mudah tumpul. Tidak terkecuali pula pisau yang harganya mahal dan berkualitas premium. Untuk itu, pisau perlu digunakan dan dirawat dengan cara yang benar.

Supaya proses tumpulnya bisa dicegah atau diperlambat., berikut tips yang bisa anda coba disadur covesia.com dari laman resepkoki.id 

1. Gunakan pisau sesuai dengan fungsinya

Pisau memiliki berbagai jenis, sesuai dengan bahan yang akan diiris atau dipotong. Ada pisau yang digunakan untuk memotong buah, roti, daging, hingga sayuran. Membedakannya satu sama lain cukup mudah, karena bentuk dan ukurannya pun berbeda-beda.

Supaya pisau anda awet dan tidak cepat tumpul, gunakanlah pisau sesuai dengan fungsinya. Pisau daging hanya untuk memotong daging, pisau buah hanya untuk memotong buah.

Kalau pisau khusus bahan lunak digunakan untuk memotong bahan keras, pisau tersebut akan cepat sekali tumpulnya karena harus ‘bekerja’ lebih. Jadi, miliki berbagai jenis pisau dan gunakan sesuai fungsinya, ya.

2. Cuci pisau setelah digunakan dan keringkan

Karat adalah salah satu penyebab pisau cepat tumpul. Tidak hanya itu, karat pada pisau juga dapat membahayakan jika menempel pada bahan makanan yang dipotong. Jadi, usahakan pisau anda jangan sampai berkarat.

Kemunculan karat bisa dicegah dengan selalu mencuci pisau setelah digunakan. Akan lebih baik lagi jika anda mencuci pisau dengan sedikit air jeruk nipis, karena dapat menghambat munculnya karat. Setelah dicuci, pisau pun harus segera dilap hingga kering.

3. Gunakan alas potong yang datar

Kalau pisau di dapur anda cepat sekali tumpul, coba deh cek lagi bagaimana alas potong yang digunakan selama ini. Jika anda memotong bahan di atas piring atau alas tidak datar lainnya, maka pantas saja pisau jadi mudah tumpul.

Alas potong yang baik untuk memotong adalah yang punya permukaan datar, seperti papan talenan. Sehingga saat digunakan memotong, pisau bisa berfungsi dan ‘mendarat’ dengan baik di permukaan alas potong.

4. Asah pisau secara rutin dengan alat pengasah khusus

Semakin sering digunakan, pisau harus semakin rutin diasah. Terutama pisau daging yang kerjanya cukup berat. Mengasah pisau pun tidak bisa menggunakan alat sembarangan, asalkan terbuat dari batu. Sebab hal ini dapat merusak tekstur mata pisau.

Pisau harus diasah dengan alat pengasah khusus supaya selalu tajam dan tidak rusak. Alat pengasah khusus ini sudah banyak sekali dijual di pasaran, kok. Ada yang berbentuk balok batu dan bahkan ada pula yang elektrik.

Hampir semua proses memasak perlu pisau dalam aktivitasnya. Jadi, memiliki pisau yang tajam dan berfungsi baik adalah investasi untuk dapur anda.

Pastikan pisau anda selalu dirawat dengan benar agar tidak mudah tumpul dengan 4 cara di atas.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga