Aia Mondak, Objek Wisata Telaga Mata Air di Agam yang Perlu Dikembangkan

Aia Mondak Objek Wisata Telaga Mata Air di Agam yang Perlu Dikembangkan Anak- anak sedang mandi di telaga mata air perbukitan yang dikenal dengan sebutan Aia Mondak di Agam Sumbar. (Johan Utoyo/ Covesia.com)

Covesia.com -Masyarakat Jorong Piladang, Nagari  IV Koto, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, (Sumbar) kembangkan objek wisata telaga mata air perbukitan yang dikenal dengan sebutan Aia Mondak.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat, Anton mengatakan, telaga yang terletak di perbatasan dengan nagari Sungai Pua, Palembayan memang sudah sering dikunjungi masyarakat sekitar dan sangat ramai saat akhir pekan atau libur.

“Sesuai kesepakatan antara masyarakat dan pemilik lahan, Aia Mondak akan di kelola dengan baik dan menjadi objek wisata milik nagari, "ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com Senin, (8/7/2018).

Menurut Anton, banyak kelebihan yang dimiliki telaga Aia Mondak. Selain udaranya sejuk dan airnya jernih, mata air perbukitan ini dipadu dengan lingkungan asri dan kicauan burung hutan yang yakini bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Selain itu, tambah Anton, seperti air yang berasal dari perut bumi pada umumnya, air di telaga tersebut memiliki suhu hangat pada pagi hari.

Bukan itu saja, menurut dia, Aia Mondak juga memiliki sejarah penting di massa zaman penjajahan dahulu. Di mana lokasi tersebut merupakan tempat mandinya istri bangsawan Belanda pada dahulunya.

"Tembok bagian bawah itu merupakan peninggalan Belanda. Kemudian di perbaharuhi kembali oleh pemerintah daerah pada tahun 1960, dan nantinya akan di percantik untuk dijadikan objek wisata, "terang Anton.

Tidak hanya perbaikan pada telaga, sekitar lokasi juga nantinya akan dibangun tempat bersantai pengunjung, rumah pohon serta kedai minuman.

Usai berendam di telaga, pengunjung juga bisa memesan minuman dan makanan di area wisata ini. “Ini bisa jadi peluang usaha untuk masyaralat yang tinggal di sekitar lokasi,” ujar dia.

Untuk pengembangannya masyarakat  juga sudah mengusulkan pada Musrembang nagari untuk dianggarkan tahun depan. "Tahap awal ini, kita targetkan akhir Oktober ini objek wisata Aia Mondak sudah dibuka secara resmi, "tutupnya.

(han/jon)

 

Berita Terkait

Baca Juga