Subbet, Kuliner Khas Bumi Sikerei yang Maknyus

Subbet Kuliner Khas Bumi Sikerei yang Maknyus Subbet makanan khas Mentawai (Foto: Okezone.com)

Covesia.com - Subbet merupakan makanan khas masyarakat Mentawai yang masih digemari hingga saat ini dan sangat cocok untuk menu sarapan pagi atau cemilan yang cukup menjaga asupan karbohidrat anda tercukupi.

Bahan dari Subbet sangat alami dan sederhana yaitu dari pisang (bagok), keladi (gettek), atau bisa juga dari ubi (gobi). Subbet yang nikmat terbuat dari campuran bahan lokal tersebut, biasanya dua jenis bahan, seperti keladi dicampur pisang.

Pengolahan Subbet dimulai dari mengupas kulit keladi, pisang, ubi yang kemudian dibersihkan. Setelah bersih, bahan lokal tersebut direbus hingga matang. Agar lebih nikmat, bisa dituangkan garam secukupnya ke dalam rebusan bahan. Setelah matang, bahan dicampur dan kemudian diuleki hingga halus. Masyarakat lokal biasanya menggunakan alat tradisional untuk menghaluskan bahan yang disebut tutudduk (alat penumbuk dari kayu) dan lulak (sejenis baki kayu).

Lalu bahan dibentuk bulat seperti bola. Selanjutnya, dihiasi taburan kelapa yang sudah dibubuhkan garam agar lebih maknyus dan siap untuk dihidangkan. 

Masyarakat Mentawai biasanya mengkonsumsi subbet ini dengan hidangan lauk pauk seperti gulai ikan.

Seiring perkembangan zaman dan kreatifitas, ada yang mengganti taburan kelapa dengan keju parut. Cita rasanya tidak kalah nikmat bahkan semakin digemari. Atau, anda juga dapat membuat bentuk yang lebih estetis menggunakan cetakan unik sehingga lebih menarik minat konsumennya.

Kontributor Mentawai: Kornelia Septin Rahayu



Berita Terkait

Baca Juga