Surfival 2018 Diharapkan Tingkatkan Kunjungan Wisata ke Sumbar

Surfival 2018 Diharapkan Tingkatkan Kunjungan Wisata ke Sumbar Malam penganugrahan Sumbar Film Festival (Surfival) 2018 di Padang, Sabtu (8/9/2018)

Covesia.com - Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat harapkan di kompetisi Sumbar Film Festival (Surfival) 2018 dapat meningkatkan kunjungan wisata di Sumbar.

Derliati , Kabid Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Sumbar, meyebutkan Surfival 2018 merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata. Iven yang mengusung tema "Pesona Tanah Tapian" ini telah memasuki pelaksanaan pada tahun ketiga. Tema ini diusung sebagai bentuk usaha untuk membangun “wajah” Sumbar yang potensial untuk dipromosikan melalui sineas-sineas muda yang ada.

"Nah, film salah satu cabang kesenian yang memanfaatkan audio visual sebagai medium penyampaian infomasi dikira sangat kompleks untuk kerja promosi tersebut," ungkapnya saat malam penganugrahan Surfival 2018 di Padang, Sabtu malam (8/9/2018).

Derliati menjelaskan Surfival 2018 ini sebagai salah satu program yang diharapkan menjadi salah satu promotor dalam bidang pariwisata, oleh sebab itu Dinpar bersinergi dengan para pegiat film dan seni lainnya untuk terselenggaranya iven ini agar format kegiatan dapat mencapai sasaran yaitu mengeksplor pariwisata di Sumbar melalui media film. 

"Konsep fllm pariwisata merupakan format film yang diusung dalam kegiatan ini, maksudnya ialah film pariwisata mampu memberikan efek terhadap meningkamya jumlah kunjungan pariwisata di Sumbar setelah dikemas dalam film dan ditonton oleh masyarakat," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, kegiatan Surfival ini sudah berlangsung semenjak bulan Mei yang lalu dengan berbagai kegiatan selerti, Road Show ke kabulaten kota di Sumbar, kemudian mengadakan workshop dan lain sebagainya.

"Jadi panitia telah bekerja semenjak Mei lalu dalam mensuksekan Surfival 2018 hingga malam puncak penganugarahan saat ini dengan memilih 4 nominasi dari kategori dari tingkat Umum dan Pelajar," sebutnya.

Pihaknya berharap dari festival ini, para sineas yang telah berkarya melalui film yang telah mereka produksi tentang ragam budaya, seni, wisata dan kearifan lokal, bisa meningkat kunjungan wisatawan ke Sumbar ini.

"Jadi kita berharap kepada para sineas muda ini bagaimana dalam film-film yang digarap bisa menunjang atau meningkatkan kunjungan wisata ke Sumbar dari hasil karya film yang ditampilkan tersebut," kata dia.

(don)





Berita Terkait

Baca Juga