Jangan Sampai Keracunan, Kenali 5 Tanda Ayam Sudah Busuk

Jangan Sampai Keracunan Kenali 5 Tanda Ayam Sudah Busuk ilustrasi (foto: Pixabay)

Covesia.com - Dalam hal memilih ayam memang termasuk perkara yang gampang-susah. Sebab, banyak akal penjual agar ayam dagangan terlihat segar. Apalagi jika yang dibeli adalah ayam beku atau sudah matang. Lebih susah lagi memilihnya.

Tentu ayam yang segar dengan ayam busuk punya perbedaan mencolok. Untuk menilai ayam yang sudah busuk, kita hanya perlu gunakan kelima panca indera. Nah, apa saja poin yang harus diperhatikan? Berikut covesia.com mengulasnya dari laman resepkoki.id

1. Warna daging abu-abu hingga ungu gelap

Warna daging ayam segar adalah merah muda cerah. Bahkan anda bisa lihat darah segar pada daging tersebut. Namun, ayam yang sudah busuk warna dagingnya abu-abu pucat. Malah bisa sampai ungu gelap. Adanya perubahan warna tandanya protein dalam ayam sudah rusak.

2. Bau menyengat

Pastinya anda mengenal bau daging segar, kan? Walaupun sedikit amis, tidak tercium bau busuk. Sedangkan, pada ayam yang sudah tidak segar akan tercium bau busuk menyengat. Bau tersebut berasal dari bakteri pada daging. Sekali cium, pasti anda akan merasa mual.

3. Daging lembek dan lengket

Daging ayam segar punya permukaan yang mengkilap. Selain itu, permukaan ayam segar diselimuti lendir tipis. Bedanya, pada ayam busuk lendir tersebut lebih lengket serta tebal. Lendir sangat berbau menyengat dan tidak hilang walaupun sudah dicuci dengan air.

Cek juga tekstur daging ayam. Daging segar bertekstur kenyal, bentuknya kembali seperti semula saat ditekan. Bila daging ayam lembek dan tidak pejal, dipastikan ayam tersebut hampir busuk.

4. Tertutup lapisan es

Daging ayam beku sulit dinilai kesegarannya. Sebab, warna daging sudah berubah dan tekstur dagingnya pun keras. Hal yang bisa dicermati adalah ada atau tidaknya lapisan es. Pada ayam yang tidak segar, terdapat lapisan es tebal seperti es serut. Ini tandanya ayam sudah terlalu lama disimpan dalam freezer.

5. Adanya jamur

Ayam matang juga sulit dideteksi kesegarannya. Hal ini dikarenakan warna daging sudah berubah coklat. Poinnya adalah cek bau dan jamur. Bila ayam matang sudah berbau, berjamur, dan masam saat dicicipi, maka ayam tersebut sudah tidak layak santap.

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga