Keunikan Tradisi Berkuda Kyz Kuu, Bila Menang Berhak Cium Wanitanya

Keunikan Tradisi Berkuda Kyz Kuu Bila Menang Berhak Cium Wanitanya Foto: Wikipedia

Covesia.com - Sebagian orang mungkin belum familiar dengan olahraga Kyz Kuu. Tahukah anda bahwa Kyz Kuu merupakan olahraga tradisional Kazakhstan menggabungkan romansa dengan kegiatan berkuda, menjadi kesukaan kaum pria. Hal tersebut lantaran jika menang, berhak mencium seorang wanita. 

Kyz Kuu dalam bahasa Kyrgyz berarti 'gadis yang mengejar'. Kyz Kuu berasal dari tradisi suku yang hidup secara nomaden. Suku nomaden pada umumnya juga punya 'tradisi' menyerang kelompok pengembara lain, merampok dan mencuri wanita mereka sembari menunggang kuda untuk mempertahankan hidupnya. Dilibatkannya kuda menjadi inspirasi awal dibuatnya tradisi ini.

Meski begitu, tradisi Kyz Kuu bukan cuma dilakukan oleh suku Kazakh saja, tetapi juga suku Kyrgyz dan suku-suku yang berada di negara Azerbaijan. Suku Kazakh sendiri merupakan perpaduan suku Mongol dan Turkik yang hidup secara semi-nomaden di lembah dan pegunungan Mongolia. 

Suku ini memiliki tradisi berkuda dan berburu dengan menggunakan elang yang masih terjaga hingga saat ini. Tradisi berkuda ini tak hanya dilakukan oleh kaum pria saja, tetapi juga wanita. Tak heran, kemampuan berkuda ini dimanfaatkan dalam tradisi mereka lewat Kyz Kuu. 

Aturan tradisi ini cukup sederhana. Penunggang pria akan menunggang kudanya dan bersiap di garis start. Sang wanita yang menjadi lawannya akan berada di atas kuda dan bersiap di belakang penunggang pria dengan jarak tertentu. 

Wanita tersebut akan diberi waktu memulai lima hingga 10 detik lebih cepat untuk menyusul lawannya. Ketika ia mencapai pria yang menjadi lawannya, mereka akan berlomba hingga mencapai garis finish.

Dengan begitu sang pria biasa memulai pengejarannya. Jika dia menangkapnya, ia kan mencium wajah wanita yang menjadi lawannya, sedangkan jika sang wanita dapat mengalahkannya, wanita tersebut akan mencambuk sang pria dengan cambuk yang ia bawa

(sea)

Berita Terkait

Baca Juga