Pelabuhan Muaro, Tempat Berlabuh Kapal Pariwisata antar Pulau di Padang

Pelabuhan Muaro Tempat Berlabuh Kapal Pariwisata antar Pulau di Padang Tampak sedang dilakukan pendestrian di kawansan Muaro Padang (Foto:Covesia/Fadil)

Covesia.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terus berusaha  merampungkan pembangunan Pelabuhan Muaro, Batang Arau untuk menunjang aktifitas pelabuhan bagi pengunjung wisata antar pulau di Sumatera Barat.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit dalam keterangannya menyebutkan bahwa destinasi wisata di Pelabuhan Muaro merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengembangkan kawasan wisata Gunung Padang.

"Sekarang Pelindo II sebagai penanggung jawab sudah menyelesaikan Detail Engineering Design (DED) nya, dan ini merupakan instruksi dari Menko Maritim," ujar Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, di Padang, Selasa (17/7/2018).

Kata Nasrul Abit, saat ini sudah dilakukan pembersihan disekitar sungai Batang Arau dan selanjutnya juga akan dilakukan pengerukan di sekitar pelabuhan.

"Untuk mempercepat pembangunan pelabuhan, semua OPD terkait akan membantu percepatan pembangunan tersebut," ujar Nasrul.

"Nanti Dinas Kelautan dan Perikatan juga akan membersihkan bangkai kapal yang menepi di pinggir sungai, bagaimana nantinya ini yang akan dibahas lebih lanjut," ujarnya.

Sementara itu, pantauan covesia.com di Kampung Seberang Pembayan, Kelurahan Batang Arau, para pekerja sedang lakukan pembuatan trotoar jalan yang akan diperuntukkan bagi pengunjung destinasi wisata Gunung Padang.

"Saya tidak tau apakah pelabuhan ini akan menjadi lokasi destinasi wisata, namun saya lihat sudah ada pembersihan laut dan pembangunan trotoar di tepi aliran sungai Batang Arau," ujar Yusdi salah seorang warga di Kampung Seberang Pembayan.

(dil)

Berita Terkait

Baca Juga