Sampah Berserakan di Kawasan Objek Wisata Agam, Disparpora Perketat Pegawasan

Sampah Berserakan di Kawasan Objek Wisata Agam Disparpora Perketat Pegawasan Ilustrasi

Covesia.com - Wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar)  mengeluhkan banyaknya sampah yang berserakan di kawasan objek wisata Taman Muko-Muko Maninjau, kecamatan Tanjung Raya. 

Indahnya pemandangan alam asri yang berada di sisi barat danau Maninjau itu tercemar oleh sampah yang tidak berada pada tempatnya.

Rindu (34), perantau Agam di Pekanbaru mengaku saat libur lebaran silam sampah plastik, bekas makanan dan minuman bertebaran di lokasi. 

"Kita maklum mungkin karena pengunjung sedang ramai, namun hal itu bisa merusak citra objek wisata di kabupaten Agam ini," ujarnya.

Kepala dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga (Disparpora) Agam Jetson mengakui pengelolaan objek wisata di kabupaten Agam belum tergarap secara maksimal, namun pihaknya sudah berupaya untuk memberikan kenyamanan pada pengunjung. 

"Iya, memang ada pengunjung  yang mengeluhkan tentang banyaknya sampah yang berserakan di sekitar objek wisata. Kami selalu mengutus petugas ke lapangan untuk memantau kondisi," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Rabu, (11/7/2018).

Ia berjanji akan memperketat pengawasan dan menekankan kepada pihak pengelola objek wisata untuk lebih memperhatikan kebersihan dan kenyamanan para pengunjung.

Menurut Jetson, menjaga kebersihan lokasi wisata menjadi kewajiban bersama, baik pemerintah daerah, pengelola, masyarakat sekitar lingkungan dan wisatawan yang berkunjung. 

"Seluruh lokasi wisata di kabupaten Agam sudah disediakan tempat sampah, jadi kita mengimbau wisatawan agar bisa membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan, kebersihan objek wisata ini merupakan tanggung jawab kita bersama," tutup Jetson.

(han/lif)

Berita Terkait

Baca Juga